Banyak Jalan Berburu Siswa Baru

 
MALANG - SMP swasta menerapkan strategi khusus demi memenuhi kuota siswa barunya, tahun ini. Ada beberapa program yang disiapkan, mulai dari try out untuk siswa SD hingga melibatkan orang tua siswa berpromosi.
Seperti dilakukan SMP Shalahuddin Kota Malang. Salah satu strategi promosi yang dilakukan yakni melibatkan orang tua untuk ikut mempromosikan sekolah. 
“Kami menjalin kerja sama dengan paguyuban orang tua, mereka kami beri brosur sehingga yang ada di sekitar lingkungan mereka bisa diajak bersekolah di sini,” ujar ketua PPDB SMP Shalahuddin Malang Anton Eko Hartono, S.Pd.
Tak hanya itu saja, orang tua juga akan dilibatkan dalam kegiatan try out yang akan digelar untuk siswa SD. Para orang tua akan hadir untuk memberikan materi parenting di sela kegiatan tersebut. Sesi parenting ini diberikan kepada orang tua siswa peserta try out yang hadir di sekolah.
Anton menuturkan, selain orang tua, pihaknya juga melibatkan alumni dalam promosi sekolah. Melalui media sosial alumni, diharapkan bisa disebar informasi pendaftaran SMP Shalahuddin. 
Pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini, SMP Shalahuddin Malang akan menerima sekitar 200 siswa baru yang terbagi menjadi 6 kelas. Pendaftar pada gelombang pertama akan dibebaskan biaya pendaftaran. Sedangkan untuk biaya masuk di sekolah tersebut total mencapai Rp 1.480.000 untuk putra dan Rp 1.580.000 untuk putri.
Sementara SMP Muhammadiyah 1 Malang menyiapkan agenda try out di 30 sekolah dasar. Try Out SD akan dimulai minggu ini segara bergilir dengan mendatangi satu persatu sekolah tersebut.
“Try Out SD 2018 ini baru kami adakan kembali setelah 3 tahun tidak ada. Dari 30 sekolah tersebut nantinya akan kami saring jadi 10 sekolah terbaik Malang Raya dan akan kami undang ke sekolah kami supaya lebih mengenal secara mendalam mengenai lingkungan SMP Muhammadiyah 1 Malang,” ujar Kepala SMP Muhammadiyah 1 Malang Drs. Budiono.
PPDB tahun 2018, SMP Muhammadiyah 1 Malang menargetkan sekitar 128 siswa baru yang terbagi menjadi 4 kelas. Sedangkan untuk biaya masuk di SMP ini diperkirakan sekitar Rp 1,5 juta sudah termasuk 5 seragam dan jas almamater serta untuk biaya DPP nya sendiri sukarela dari para wali murid.
Pendaftaran gelombang 1 di SMP Muhammadiyah 1 Malang ini sudah dibuka sejak tanggal 1 Februari lalu. 
“Bahkan jauh-jauh hari sudah ada yang menitipkan putra-putinya di sini terutama dari para alumni. Sekolah kami juga terbuka untuk semuanya baik yang mampu maupun yang kurang mampu, karena kami memiliki sistem “nggendong indit”,” imbuh Budiono. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :