Fakultas Ekonomi Paling Diminati Pendaftar SNMPTN


MALANG - Sebanyak 25 ribu lulusan SMA akan memperebutkan 1.957 kursi jalur
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Negeri Malang (UM). Sementara di UIN Maliki, pendaftar jalur ini tercatat 4.970 orang yang akan memperebutkan 554 kursi. Sayangnya, data akhir pendaftar SNMPTN UB belum terekam hingga berita diturunkan.
Ketua SNMPTN UM, Dr Joko Sayono Ph.D mengatakan, dari jumlah tersebut, pendaftar bidikmisi sebanyak 8.596 orang.
“Tahun ini masih sama dengan tahun lalu, banyak yang mendaftar di hari terakhir. Untuk pendaftar nanti akan melewati tahap penjaringan selama seminggu hingga tanggal 12 Maret dengan mengutamakan pendaftar untuk pilihan pertama,” ujar Joko Sayono kepada Malang Post.
Ia menjelaskan lebih lanjut, bukan tidak mungkin pihaknya tidak memasukkan pendaftar pilihan kedua karena kuota daya tampung maksimal 30 persen telah terpenuhi.
“Prinsipnya kita akan ambil pendaftar pilihan satu. Kecuali kuota dari total 59 prodi yang ada belum tercukupi, kita akan ambil dari pendaftar pilihan kedua,” imbuhnya.
Joko sebelumnya juga menginformasikan tahun lalu jumlah siswa yang diterima pada jalur SNMPTN UM sebanyak 2.268 dari peminat secara keseluruhan sebesar 37.427 pendaftar. Dengan yang melakukan registrasi akhir sebanyak 1.977. Dari data yang masuk, SNMPTN UM hingga pukul 13.00 WIB kemarin siang, peminat terbanyak adalah Ekonomi dengan 8.703 orang, Teknik sebanyak 6.564 orang dan urutan tiga MIPA dengan 5.839 peminat.
Sementara itu, Kepala Biro Administrasi, Akademik, dan Kemahasiswaan UIN Malang, Drs H Achmad Heru AH M.Si mengungkapkan, hingga pukul 08.30 WIB kemarin sebanyak 4.970 orang pendaftar di jalur SNMPTN UIN Malang. Dengan jumlah pendaftar PTN pertama sebanyak 1.868 dan PTN pilihan kedua sebanyak 3.102 pendaftar.
“Dari data yang tersaji, memang banyak pendaftar SNMPTN UIN Malang dari pilihan kedua. Tetapi hal itu bukan menjadi permasalahan. Tergantung dari kita nanti mengelola nilai,” terangnya.
Heru menambahkan, hal itu tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana pada tahun lalu pada jalur SNMPTN sebanyak 1.613 pendaftar dari 5.727 peminat. Sedangkan untuk fakultas dengan pendaftar terbanyak di UIN Malang yakni Fakultas Ekonomi sebanyak 1.534 pendaftar , Psikologi sebanyak 849 pendaftar dan Ilmu Kesehatan 749 pendaftar.
“Untuk kuota yang akan ditampung pada jalur SNMPTN dari maksimal 30 persen sebanyak 554 peserta. Angka itu mengacu pada total daya tampung seluruh jalur pendaftaran sebesar yang akan diterima 3.741 peserta,” tegasnya.
Setelah ditutupnya jalur SNMPTN, kemudian akan dilakukan tahap seleksi, 6-13 Maret pengolahan data seleksi pilihan PTN kesatu. Sedangkan untuk pilihan kedua akan dilaksakan, 10-13 April. Hasil seleksi rencananya akan diumumkan, 24 April. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...