Aktif di Berbagai Lomba, SMK PIM Panen Prestasi

 
MALANG - Sepanjang tahun 2018, SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menuai banyak prestasi dari berbagai bidang. Yang terbaru, ketiga siswinya berhasil menyabet juara 3 dalam perlombaan debat bahasa Inggris tingkat Kota Malang. Ketiga siswi tersebut diantaranya Sherly Chaprilla Putri, Ulayya Meiditania, dan Rosi Marcelia Yuliza, ketiganya merupakan kelas XI jurusan Kimia Industry.
“Dengan persiapan yang hanya dua hari saja, kami mengikuti lomba debat bahasa inggris ini dengan harapan mampu mengharumkan nama sekolah. Sebab, beberapa tahun lalu PIM berhasil menjuarai tingkat provinsi,” ujar Sherly.
Dengan usaha dan tekad berjuang yang tinggi, ketiga siswi tersebut berhasil meraih juara 3. Sayangnya, tahun ini mereka gagal mewakili kota Malang pada perlombaan tingkat provinsi. Namun dengan hasil ini, ketiganya bertekad akan terus belajar dan berlatih agar ke depannya mampu menjadi juara tingkat provinsi hingga nasional.
“Perlombaan kemarin kelemahannya adalah penjelasan yang kami berikan kurang mengena, apa yang kami jelaskan hanya penjabaran secara umum dan kurang spesifik,” imbuh Sherly.
Sherly Chaprilla Putri mengatakan, dalam lomba debat bahasa inggris ini terbagi menjadi tiga sesi yakni sesi pertama membahas mengenai ekonomi, sesi kedua orang tua, dan sesi ketiga tentang pendidikan.
Sementara itu, Kepala SMK Putra Indonesia Malang Siti Zubaidah, S.Pd menjelaskan, dalam mendukung prestasi siswanya sekolah akan memberikan fasilitas dan support penuh agar lebih intens lagi baik dari segi belajar maupun eskulnya.
”Peserta yang mengikuti lomba debat ini latihannya memang mendadak sekali. Namun kami berikan motivasi bahwa apapun yang terjadi harus ikut, biarpun waktu yang dimiliki untuk latihan sangat singkat. Maju dulu, jika mendapat juara itulah bonusnya,” imbuh Zubaidah.
Menurutnya, dengan mengikuti lomba ini akan memacu semangat anak dalam belajar sekaligus melatih kepercayaan diri. Siapapun pesertanya boleh mengikuti lomba, tidak harus pintar di kelas, di bidang lainpun masih banyak prestasi yang bisa dikejar.
“Dalam lomba apapun kami tidak pernah membatasi harus siswa yang pinter yang ikut lomba, namun semua boleh ikut dan akan kami seleksi. Jika lolos akan kami ikut sertakan lomba sesuai bidang keahliannya,” pungkas Zubaidah.
Dukungan penuh sekolah terhadap semua siswa SMK Putra Indonesia juga dibuktikan dengan prestasi lainnya. Seperti juara 1 lomba futsal tingkat SMA/SMK/Mahasiswa, juara 2 lomba kompetensi siswa pendidikan agama islam, dan juara 3 lomba cipta kreasi dan inovasi pangan berbasis bahan lokal. (mg7/sir/oci)

Berita Lainnya :