SEAGOV 2018 Sukses Dihelat di FIA UB


MALANG - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UB menjadi tuan rumah pelaksanaan Southeast Asia Governance Forum (SEAGOV) 2018. Agenda tahunan ini memasuki tahun ketiga dihadiri akademisi, ilmuwan dan mahasiswa dari tiga negara yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia.
Ketua Jurusan Administrasi Publik Andy Fefta Wijaya MDA PhD menuturkan, ajang ini menjadi wadah untuk saling tukar ilmu antar negara.
“SEAGOV ini juga menjadi kelanjutan program pertukaran mahasiswa dan dosen di tiga negara peserta,” ujar Andy.
Yang lebih penting lagi, lanjutnya, forum ini menjadi langkah perguruan tinggi menuju world class university. Terutama dalam meningkatkan standarisasi sistem pengajaran berkelas internasional Dengan demikian, lulusan bisa diterima di negara-negara tersebut.
Sementara Sekretaris Program Studi Administrasi Publik FIA UB, Rendra Eko Wismanu S.Ap M.Ap menuturkan, dalam kegiatan ini juga digelar lomba karya tulis ilmiah mahasiswa.
“Peserta harus mengikuti beberapa tahapan. Pertama adalah pengumpulan abstrak dari karya ilmiah yang nantinya akan dipilih hanya 12 kelompok dari perwakilan universitas. Untuk kemudian pengumpulan paper dengan presentasi di depan dewan juri,” ujarnya.
Ia menjelaskan, karya ilmiah yang harus dikerjakan harus mencakup tema yang telah diusung yaitu “Local GovermenceDevelopment Planing and Culture”. Di mana tema yang diambil bertujuan untuk menguatkan potensi lokal dengan sinergi pemerintah daerah tentang perencanaan dari bawah.
“Tema memang mengacu dengan isu yang saat ini sedang hangat diperbincangkan. Sehingga dengan mengangkat tema besar tentang pencanaan kearifan lokal tersebut mahasiswa harus mampu membacanya. Karena kekuatan inilah yang berperan penting dalam pengembangan desa di era kekinian,” terangnya.
Dalam kegiatan ini, FIA UB berhasil menjadi juara pertama, UGM kedua dan ketiga adalah Universitas Utara Malaysia. Para peserta dinilai oleh tiga juri dari tiga negara tersebut usai mempresentasikan makalah terpilih pada 28 Februari 2018 lalu.
Sementara itu, hari ini, FIA UB akan menggelar pelepasan alumni diikuti 149 wisudawan. Terdiri dari 123 lulusan S1, 17 orang S2 dan 9 orang S3. Gelar lulusan terbaik diraih Anita Octaviani dengan IPK 3,62. (eri/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :