Ilmu Harus Berguna untuk Masyarakat

MELALUI menulis, seseorang dapat menyatakan kebenaran dan kesaksian terhadap segala soal yang berlangsung di sekeliling atau dalam diri sendiri. Dr. Nurhidayati, M.Pd, dosen Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) ini telah menelorkan sejumlah buku yang menarik. 
Diantaranya Buku strategi pembelajaran Bahasa Arab untuk anak, morfologi Bahasa Arab, Penulisan  narasi fiksi dalam Bahasa Arab dan dan kajian lintas budaya lagu-lagu Arab populer. 
“Tulisan narasi fiksi merupakan suatu hasil dari proses menulis kreatif  yang banyak melibatkan cara berpikir divergen ‘menyebar’ daripada konvergen ‘memusat’.  Akan tetapi begitu ide tersebut dilaporkan secara tertulis laporan itu terasa amat kering, kurang menggigit dan membosankan, “  ujarnyA.
Baginya, buku menjadi salah stau media untuk membagikan ilmu. Selain itu, Nurhidayati juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Antara lain pengajaran Bahasa Arab dasar bagi Siswa TPQ dengan menggunakan metode permainan pemanfaatan laboratorium bahasa dan media pengajaran bahasa lainnya dalam pengajaran Bahasa Arab bagi Guru-guru MTS Se KKM MTsN Donomulyo Kabupaten Malang. Pengembangan model pembelajaran Bahasa Arab berbasis puisi bagi Guru TK se Kecamatan Lowokwaru  Malang. 
Wanita kelahiran Bojonegoro 28 Agustus 1965 menjelaskan, selain menulis buku pernah juga menulis jurnal karakteristik bentuk kesalahan bahasa tulis mahasiswa Sastra Arab di Brunei Darussalam. Dominasi kesalahan penulisan mahasiswa antara lain kesalahan bentukan kata dan frasa, kesalahan penggunaan petanda gender, dan penghilangan petanda gender. 
 “Ilmu tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga diamalkan ke orang lain. Pesan saya, supaya lebih meningkatkan prestasinya lagi dan seringlah melakukan pengabdian masyarakat agar berguna untuk masyarakat secara umum,” ujarnya (mg5/oci)  
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...