Ajak Siswa Jualan Roti di Hotel


MALANG - Tamu hotel yang datang ke Swiss Belinn disambut aneka kue dan roti yang menggugah selera, Sabtu, (10/3). Roti tersebut bukan produksi hotel sendiri, melainkan produk siswa SMK Prajna Paramitha. Mereka menjual aneka roti tersebut sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah.
“Kue-kue ini dibuat sendiri oleh siswa, mereka juga berlatih menjual hasil karya tersebut,” ujar guru SMK Prajna Paramitha Santi Septi Pratiwi, S.Pd.
Tak hanya di hotel, kegiatan ini juga dilaksanakan di area terbuka seperti Car Free Day Jalan Ijen. Menurut Santi, program ini adalah implementasi dari SMK Mini yang dicanangkan Pemprov Jatim. Dimana siswa dilatih untuk memiliki keahlian sebagai bekal setelah lulus.
SMK Prajna Paramitha memiliki dua produk yang diunggulkan yakni jasa Salon dan Bakery dan Pastisserie.
“SMK Prajna Paramita memiliki alat yang lengkap untuk memproduksi kue dan pastry. Bahkan anak-anak kami bekali dengan alat-alat jadi bisa mencoba sendiri di rumah,”
Adanya program SMK Mini inilah para siswa diberi banyak pelatihan mulai dari produksi, design kemasan, hingga kepamerannya. Bahkan, siswa diarahkan menekuni bidang yang sesuai bakatnya.
Menurutnya, program SMK Mini ini memberi banyak manfaat bagi peserta didik, dimana adanya program ini membekali para siswa dengan keterampilan di luar pelajaran di dalam kelas. Lebih jauh lagi dengan pelatihan yang di dapatkan dari program ini nantinya begitu siswa lulus dapat membuka usaha sendiri dengan begitu bisa menekan angka pengangguran. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...