Unmer Siapkan Beasiswa Studi Gratis Vokasi


 
MALANG - Kalau UM baru akan mengawali program vokasi, tahun ini, Unmer Malang sudah memasuki tahun keempat. Animo pendaftar program ini masih tinggi, sebab ada program beasiswa 100% tanpa biaya yang akan didapatkan bagi mahasiswa yang lolos seleksi. Namun, selama perkuliahan mahasiswa diwajibkan mempertahankan nilai IPK.
“Pada jalur vokasi, disiapkan beasiswa kepada 50 calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan tertentu,” ujar Ketua UPT Penerimaan Mahasiswa Unmer Ir Etikawati Triyosoputri MSA kepada Malang Post, kemarin.
Pendaftar harus mengumpulkan berkas meliputi nilai rapor minimal 8, siswa SMK yang tergolong tidak mampu disertakan surat perjanjian prestasi selama berkuliah. Selanjutnya Unmer akan menyeleksi nilai mahasiswa dan memeringkat 1-50 dengan nilai rapor tertinggi. 
“Setelah melalui test interview, 50 beasiswa bebas biaya tersebut akan diberikan sesuai hasil pemeringkatan. Misalnya, mahasiswa jurusan perbankan lebih banyak yang menerima beasiswa tersebut, ya tidak apa-apa,” tandasnya. 
 Meski begitu, diakui mahasiswa vokasi hingga angkatan ke-15 ini mampu mempertahankan prestasi selama kuliah. Mengingat, mereka tidak hanya diharuskan memiliki nilai IPK yang bagus tapi juga harus lulus tepat waktu. Mahasiswa program vokasi melakukan perkuliahan bergabung dengan kelas reguler.
“Mahasiswa vokasi harus mempertahankan nilai IPK, sebab jika tidak, akan dicabut beasiswanya dan dialihkan pada jalur reguler,” imbuh wanita berjilbab ini.
Jumlah pendaftar pendidikan vokasi yang terlihat terakhir kemarin, sebanyak total 198 calon mahasiswa. Animo prodi tiga terbanyak mulai dari akuntansi, perhotelan, dan sistem informasi. Berbeda dengan tahun lalu, sistem informasi menjadi prodi favorit pendaftar. Sementara itu, untuk prodi yang terhitung rendah yakni bahasa Inggris. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...