Pembelajaran Modern, Guru Jadi Teman Diskusi

 
MALANG - Metode pembelajaran tradisional dan modern menempatkan guru secara berbeda. Jika metode tradisional guru sebagai satu-satunya pemberi informasi, metode modern berbeda. Informasi bisa didapatkan siswa tak hanya dari guru, tapi juga dari temannya.
“Jika metode tradisional guru sebagai satu-satunya pemberi informasi. Namun pada metode modern, murid dapat melakukan diskusi antar teman maupun guru tersebut,” ujar praktisi dari University of Seville Spanyol Matilde Mora Fernandes PhD dalam acara workshop di Universitas Katolik Widya Karya Malang. 
Dia melanjutkan, antara metode pembelajaran tradisional dan modern keduanya sama-sama penting. Sebab, metode tradisional mengutamakan konten, sementara metode modern mengutamakan proses pembelajaran.
Matilde kemudian menerangkan pembelajaran melalui pola metode kasus. Metode ini memerankan guru sebagai perencana, pembawa acara, moderator, teman diskusi, pemberi masukan, sekaligus juri. 
Pembelajaran modern bisa diaplikasikan melalui metode kasus, guru menyediakan materi kasus tanpa menyimpulkan penyelesaian dulu, kemudian peserta didik yang berdiskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Matilde menegaskan, metode ini dilakukan secara terus-menerus agar siswa mampu mengembangkan pola pikir dan pandangan lain yang lebih kompleks. Hal ini juga bermanfaat untuk pengembangan pribadi siswa dalam penyelesaian masalah. 
Selain Matilde, dalam workshop bertajuk “INDOPED Dissemination Workshop on Innovation Pedagogy: Learning from Europe and Experiences from Indonesia hadir pula Pr. Pablo Galan Lopez dan para ahli dari Universitas Katolik Mandala Surabaya. 
Pr. Pablo Galan Lopez membagi tips untuk penerapan metode pembelajaran modern melalui story telling. Story telling sangat efektif untuk melatih kemampuan peserta didik dalam berbicara sekaligus mendengarkan. 
“Caranya dapat dilakukan melalui diskusi dengan tim kecil dengan kertas kemudian saling berdiskusi dalam bentuk game untuk tim mana yang lebih cepat menyelesaikan masalah,” tutupnya. (mg3/oci) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :