207.984 Anak di Malang Diimunisasi MR

MALANG – Menuju Indonesia Bebas Campak dan Rubella 2020 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, kemarin (4/8) Walikota Malang, H. M. Anton melakukan pencanangan kampanye dan introduksi imunisasi Measles Rubella di SMPN 1 Malang. 
Anton juga memberikan pesan kepada siswa SMPN 1 Malang untuk tidak takut disuntik. Menyadari pentingnya imunisasi bagi kesehatan jangka panjang, maka dia berharap program ini direspon baik dan memperoleh capaian 100 persen.
“Suntiknya ini tidak sakit kok, masih lebih sakit kalau dicubit bapak atau ibunya di rumah. Jarumnya satu untuk satu anak, jadi jangan takut ada efek penularan,” kata Anton kepada anak-anak. 
Selanjutnya, bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM., dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM dan Umi Farida, Abah Anton mendampingi petugas kesehatan dari Puskesmas Arjuno menyuntikkan vaksin kepada dua siswa perwakilan.
Virus Rubella sendiri dapat menyebabkan sindrom cacat bawaan bagi janin bila terjadi pada ibu hamil dan berpotensi menyebabkan bahaya laten pada anak di masa mendatang bila menyerang pria dan wanita dewasa. 
Kegiatan pencanangan ini merupakan salah satu upaya yang telah dilakukan menyebarkan luaskan informasi terkait bahaya penyakit Rubella sekaligus mendorong masyarakat untuk ikut mencegah penyebarluasan penyakit ini, dengan cara berpartisipasi dalam emnsukseskan kegiatan imunisasi MR. Program ini telah dilakukan di seluruh kota Malang, baik melalui berbagai lembaga kesehatan, pendidikan maupun organisasi masyarakat termasuk posyandu.
“Oleh karenanya, mari lindungi buah hati kita dari penyakit campak dan rubella. Silakan bawa anak kita yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun untuk mendapatkan imunisasi MR pada bulan Agustus dan September secara gratis,” tegas Anton. 
Menurut Asri, Dinas Kesehatan menargetkan 168.780 sasaran imunisasi ini, namun pada data riilnya terdapat 207.984 anak.
“Imunisasi ini diperuntukkan bagi anak umur 9 bulan hingga 15 tahun, harapannya agar jangan sampai anak-anak terserang penyakit campak atau Rubella. Di kota Malang ini tidak ada yang menolak adanya imunisasi ini,” ungkap Asih. (mg19/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :