Calon Guru Wajib Kuasai Pramuka


MALANG - Calon guru di Fakultas Agama Islam (FAI) Unisma tidak hanya terampil mengajar di kelas, tapi juga harus bisa menjadi pembina pramuka. FAI Unisma menerapkan kebijakan baru tahun ini dengan mewajibkan mahasiswa Prodi PAI ikut serta pada kegiatan pramuka.
“Keluhan mitra Unisma banyak yang menilai mahasiswa Unisma kok kurang bagus dalam membina pramuka,” ujar Ketua Prodi PGMI Unisma, Fita Mustafida MPd kepada Malang Post kemarin.
Dia melanjutkan, sehingga fakultas memiliki kebijakan pada tahun kedua, tidak hanya prodi PGMI saja tapi juga pada prodi PAI mahasiswanya wajib mengikuti pramuka yang dikemas dalam ekstrakurikuler. Sehingga, setiap Rabu mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pramuka dengan memakai seragam pramuka yang kegiatannya bekerjasama dengan UKM pramuka. Terdapat sebanyak 225 mahasiswa, yang terdiri dari 57 mahasiswa prodi PGMI dan 168 mahasiswa prodi PAI.
“Respon mahasiswa senang, bahkan mereka selfie bareng, itu terlihat dari medsos, apalagi di UKM sangat antusias,” imbuhnya.
Kebijakan dari fakultas ini, lanjutnya, bertujuan untuk mengembangkan praktek pengalaman bagi mahasiswa untuk mampu membina pramuka di sekolahnya. Mahasiswa akan mendapat dua pengalaman sekaligus dalam hal keterampilan pengusaan materi dan pembinaan. Sehingga mahasiswa nanyi akan mendapat SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) untuk penilaian kompetisi kepramukaan. Dampak yang terlihat dari kebijakan ini, mahasiswa PPL mampu membina pramuka di sekolah.
“Ada evaluasi melalui ujian tertulis sejauh mana mahasiswa mampu menempuh teori kepramukaan. Tapi melihat tahun pertama pelaksanaan, sudah bagus dan banyak yang lulus dan mendapat sertifikat,” tanggapnya.
Salah satu pembina UKM Pramuka, Dyah Ayu Qur’ani mengaku sampai saat ini masih ingin menerapkan pembelajaran pramuka dengan sistem yang menyenangkan. Sebab, antusias mahasiswa baru sebatas pramuka sebagai kewajiban. Mengingat, pada level perkuliahan pramuka tidak hanya diasah dalam hal materi saja, melainkan juga keterampilan pembinaan. “Caranya ya membuat mereka belajar pramuka dengan menyenangkan dan di outdoor,” tutupnya. (mg3/oci) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...