Ajak Siswa Berbagai Tanaman di Botol

 
MALANG – Perguruan Muhammadiyah Tlogomas yang terdiri dari MTs Muhammadiyah 1 Malang, MA Muhammadiyah 1 Malang, dan SMK Muhammadiyah 2 Malang menggalakkan kegiatan Tim Sekolah Ekologi. Kegiatan ini juga ditandai dengan kerja bakti serempak di lingkungan komplek Perguruan Muhammadiyah hingga perumahan Tlogomas sekitar sekolah beberapa waktu lalu.
Selain kerja bakti kegiatan juga dilakukan dengan menanam berbagai jenis tanaman yang memanfaatkan barang bekas, seperti botol sebagai pot. Dalam kegiatan ini para siswa diajarkan praktik langsung menanam berbagai jenis tanaman di dalam botol-botol bekas. 
Botol-botol tersebut sebelumnya di potong dan di cat terlebih dahulu dengan warna-warna menarik kemudian diberi tali agar bisa di susun secara vertikal.
Humas MTs. Muhammadiyah 1 Malang, DjokoTriono, S.Pd,  mengatakan, kegiatan kerja bakti  merupakan serangkaian dari kegiatan Tim Sekolah Ekologi. Aksi awal sebagai langkah  untuk menciptakan sekolah berwawasan lingkungan, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan yang kian memprihatinkan.
“Kami dari komplek Perguruan Muhammadiyah Tlogomas mengambil peran massif menyeimbangkan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar,” kata Djoko.
Kegiatan itu juga disupport oleh Earth Hour Malang (EHM), yang memberikan praktik langsung dalam pembuatan tanaman Vertical Garden kepada seluruh siswa di lingkungan komplek Perguruan Muhammadiyah. EHM juga mengajari siswa secara detail bagaimana menanam tumbuhan di dalam botol-botol yang telah disediakan.
“Dengan praktik langsung seperti itu, harapannya siswa lebih semangat lagi dalam menjaga lingkungan dan turut serta dalam menjaga keseimbangan ekosistem khususnya di wilayah Perguruan Muhammadiyah Tlogomas. Sehingga apabila hal ini terus dilaksanakan nantinya bias menjadi sekolah go green yang bebas sampah dan ramah lingkungan,” papar Djoko.
Sementara itu, koordinator Tim Sekolah Ekologi, Mashuri, menambahkan, sebelum melakukan kegiatan ini ia telah melakukan sosialisasi kepada seluruh siswa baik di MTs Muhammadiyah 1 Malang, MA Muhammadiyah 1 Malang, dan SMK Muhammadiyah 2 Malang terkait kegiatan ke depannya.
“Kami akan melakukan pelatihan semacam diklat kepada siswa, dan siswa terpilih dari masing-masing jenjang untuk menjadi kader lingkungan. Selain itu, ada agenda-agenda lainnya yang akan dilakukan oleh Tim Sekolah Ekologi kedepannya,” pungkas Mashuri. (mg7/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...