Lowokwaru Beruntung Punya UIN Maliki


MALANG - Empat wartawan dengan senyum merekah dan penuh cinta datang ke kampus UIN Maliki Malang...kalimat puitis itu diungkapkan Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag ketika Malang Post berkunjung ke ruang kerjanya.
Kunjungan yang dipimpin Pemimpin Redaksi Dewi Yuhana tersebut terasa hangat dan akrab. Sejak awal memimpin di kampus UIN Maliki Malang, Malang Post adalah media pertama yang dikunjungi rektor alumni Tebuireng itu.
“Saya dilantik tanggal 28 Juli, kemudian 30 Juli saya pertama ngantor, besoknya saya datang ke ulang tahun Malang Post,” kenang rektor sembari memperlihatkan puisi yang dibuatnya khusus untuk HUT Malang Post, tahun lalu.
Dalam kesempatan tersebut, rektor yang setiap hari menulis puisi itu juga membeberkan sejumlah program yang menjadi andalan kampus. Salah satunya program pengabdian masyarakat. UIN Maliki memberikan warna baru pada masyarakat di sekitar kampus. Melalui program Dosen Mengabdi, perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) ini melakukan pengabdian di 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Lowokwaru. Kegiatan dilaksanakan lewat program UIN Maliki Menyapa, yang dilaksanakan setiap Jumat pagi.
“Dari 12 kelurahan, saat ini sudah dilaksanakan di 10 desa. Kita memulai pengabdian dari yang terdekat lebih dahulu,” ungkapnya.
Program tersebut dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, diantaranya santunan fakir miskin yang diambilkan dari zakat profesi dosen. Tak hanya memberi materi, bagi para pemuda yang potensial berwirausaha, diberikan pinjaman modal. Bagi yang sudah tidak produktif, diberikan bantuan konsumtif.
“Jadi dalam program pengabdian ini ada kolaborasi riset dan pengembangan masyarakat dengan metode Participatory Action Research,” tegasnya.
Dalam pelaksanaannya, seluruh fakultas dilibatkan. Masing-masing akan menggelar program sesuai dengan karakteristik fakultasnya. Kegiatan dikoordinatori oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Maliki.
Sementara itu, dalam agenda kunjungan kemarin, hadir pula dari Malang Post Redaktur Pendidikan Lailatul Rosida, Redaktur Nasional Mahmudi, dan Fotografer Guest Gesang. Rombongan langsung disambut hangat Rektor yang baru lima bulan memimpin di kampus UIN Maliki tersebut. Hadir juga menyambut rombongan Malang Post, Kepala Humas UIN Maliki M Baydhowi dan Kabag Kerja Sama dan kelembagaan Dr. H Syaiful Mustofa, M.Pd. Pemred Dewi Yuhana berharap, kunjungan ini diharapkan makin menguatkan hubungan kerja sama antara UIN Maliki dan Malang Post. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :