Siap Menjadi Tenaga Ahli, Hasilkan Mahakarya Siswa


MALANG – Rasa bangga dirasakan pengelola SMK Miftahul Huda (Mifda) Kepanjen,  Kabupaten Malang. Diawal tahun ajaran baru ini, siswa Mifda berhasil menciptakan alat mesin berat Skid Steer Loader Mifda 018.  Alat ini dimanfaatkan untuk pemerataan dan mengeruk tanah galian.
    Alat berat ini, meski bentuk fisiknya kecil, namun memiliki tenaga yang sangat kuat. Dengan daya dorong lebih dari satu setengah ton  mampu melakukan pengerukan dan  meratakan tanah, serta bisa mendorong tumpukan tanah satu sengah ton lebih.
‘’Hasil uji coba yang dilakukan siswa sangat memuaskan,’’ kata Kepala Sekolah SMK Mifda Imam Arifin, S.Pd.I kepada Malang Post, kemarin.
    Dijelaskannya, mesin yang digunakannya, merupakan mesin diesel bekas  mobil Daihatsu taft kebon tahun 1980. Meski bekas, sebelumnya dilakukan perbaikan. Sehingga, praktis mesin dan pengapian sangat sempurna. Dipastikan tidak akan mogok atau berhenti di tengah jalan.
    Alasan menggunakan material bekas, selain harga terjangkau, juga  memberikan kreativitas kepada siswa agar  bisa  berfikir efisien. Hanya saja, material plat besi, bordes, semuanya baru.
     Ditambahkan Arifin, pengerjaan alat berat ini, membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Ada beberapa siswa yang ditunjuk untuk menjadi kordinator. Para siswa itu dari teknik permesinan, kendaraan alat berat, dan ada juga keterlibatan siswa kendaraan ringan. Semuanya bekerjasama sebagai tim. Mereka  didampingi  guru yang mengawasi dan memberikan arahan. Soal desain dan modif, seluruhnya diserahkan siswa. ‘’Tujuan kami agar siswa bisa berkreasi dan berkarya. Karena ini  mahakarya siswa SMK,’’ tegasnya.
    Hasil siswa tersebut, kemarin dipamerkan dalam ajang  pameran pendidikan di  stadion luar Kanjuruhan Kepanjen. Stan Mifda menjadi perhatian pengunjung. Sebab, di depan stan SMK Mifda, nongkrong sebuah alat berat yang begitu mencolok. Sehingga perhatian pengunjung langsung tertuju disana. Selain karena tidak biasa, juga karena sangat mengagumkan. Tak sedikit para pengunjung yang menyempatkan diri mampir dan meneliti kondisi bodi maupun mesin Skid Steer Loader Mifda 018.
    Sementara itu, tahun ajaran baru ini, pihak sekolah memberikan peluang dan kesempatan kepada seribu lebih siswa siswi SMK Mifda yang ada sekarang ini. Bahkan, maupun para calon siswa baru pun yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang mesin, kendaraan ringan,  alat berat, teknik jaringan, maupun keperawatan, akan diberikan peluang menjadi siswa andalan atau siswa berprestasi.
    Sehinga, begitu menjadi siswa Mifda, para siswa dibebaskan mengkreasikan  ide guna menciptakan alat alat berat, maupun alat ringan. Sebab, semua sarana dan fasilitas yang ada di sekolah, sangat memadahi dan sangat mendukung untuk melakukan inovasi di bidang mesin. Tahun ini, SMK Mifda siap membuka pendaftaran siswa baru sebanyak 400 siswa sesuai daya tampung yang ada di sekolah.(fik/sir/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...