USBN Sukses, SMA Islam Matangkan Persiapan UN


MALANG - Pelaksanaan USBN di SMA Islam berlangsung dengan lancar dan tertib.  Seluruh komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian ini disiapkan dengan sebaik mungkin,  untuk mencegah terjadinya kesalahan teknis.  Terutama masalah server yang memprogram soal-soal USBN secara online. 
Kepala SMA Islam Drs. Sularto,  M. Pd mengatakan, pelaksanaan ujian akhir bagi kelas XII tahun ini pihaknya menggunakan dua server.  Satu server untuk USBN dan satu server lainnya untuk UNBK yang akan digelar April mendatang.
"Jadi tidak rancu masing-masing kami buatkan server agar aksesnya lebih mudah," katanya.
Upaya tersebut membuahkan hasil yang baik. Selama pelaksanaan USBN pekan lalu,  tidak ada kendala yang berarti terkait akses soal di komputer.  
"Alhamdulillah semuanya berjalan baik dan lancar," tegasnya.
Selain persiapan teknis dan sarana, SMA Islam juga tentu mempersiapkan hal lain yang tak kalah penting.  Terutama kesiapan siswa dalam mengahadapi ujian.  Misalnya kesiapan mental dan kemampuan mereka secara akademik.
Oleh karena itu,  Sularto memaparkan, berbagai upaya telah dilakukan agar siswa kelas XII lebih siap melaksanakan USBN dan UNBK.  Antara lain mengikuti beberapa try out untuk mengukur kemampuan siswa dalam menjawab soal. "Banyak try out yang sudah kita ikuti.  Sejauh ini dari tahapan try out tersebut, anak-anak menunjukkan perkembangan yang bagus, " terangnya.  
Sebelumnya, pendalaman materi oleh guru juga seringkali dilakukan. Seperti bimbingan maupun tambahan jam pelajaran. Tujuannya untuk menunjang kemampuan siswa. Tidak hanya kesiapan di bidang akademik,  SMA Islam juga memberikan bimbingan secara mental maupun spiritual untuk kelas XII. Akhir bulan lalu,  sekokah di jalan Kartini ini mendatangkan seorang motivator untuk membina siswa kelas XII sebelum melaksanakan ujian.
Menurut Sularto, kesiapan mental sangat penting dalam menghadapi ujian akhir. Siswa dengan mental yang bagus akan lebih percaya diri. Tidak mudah terpengaruh dengan iming-iming yang pada akhirnya akan merugikan diri mereka sendiri.  Sebagai muslim,  lanjutnya, tentu segala urusan harus disandarkan kepada Allah. Maka dari itu, juga perlu adanya penguatan di sisi spiritual.
Selaku Kepala Sekolah,  Sularto tidak terlalu muluk-muluk memasang target kelulusan. Ia berharap hasil ujian kelas XII tahun ini lebih baik dari sebelumnya. "Harapan kami tentu seluruh siswa kelas XII lulus semua," harapnya. (imm/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...