UB Akan Kirim Dokter ke Yordania

MALANG - Kondisi pengungsi Suriah dan Palestina di Yordania yang memprihatinkan menjadi perhatian utama Universitas Brawijaya. UB telah berkomitmen untuk memberikan perhatian pada isu-isu seputar kemanusiaan, perdamaian dunia, dan masalah pengungsi. Salah satu bentuk keperdulian UB pada masalah tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan kemanusian yang khusus diberikan kepada para pengungsi.

Wakil Rektor UB Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Sihabbudin, SH. MH menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa seragam sekolah anak-anak hingga remaja senilai JOD 2500.00. Seragam sekolah akan diberikan kepada anak-anak pengungsi Palestina yang menjadi murid di sekolah dasar hingga sekolah menengah yang tersebar di kawasan Baqa’a Camp.  Rombongan UB diterima oleh pihak sekolah, siswa dan perwakilan UNWRA yang bertugas wilayah pengungsi yang telah berdiri sejak tahun 1968. Lokasi ini merupakan kamp pengungsi terbesar di wilayah Yordania dengan jumlah pengungsi 119.000 orang. Kamp ini memiliki 16 sekolah yang memiliki kelas pagi dan kelas sore. Sektor pendidikan dan kesehatan merupakan focus utama di kamp pengungsi ini.
Di tempat yang terpisah, Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS menyerahkan bantuan kemanusian untuk pengungsi Suriah yang ada di Yordania. Pemberian bantuan kemanusiaan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina dan diterima oleh pewakilan dari United Nations High Commissioner of Refugees (UNHCR), Francesco Bert di Hotel Le Grand Amman. Bantuan kemanusian untuk pengungsi Suriah adalah alat-alat kecantikan dan jahit menjahit senilai JOD 6515.00. Bantuan ini akan diberikan kepada sekolah vokasional tata kecantikan dan tata busana yang berada di kamp pengungsi Azraq.
 “Kita akan mencari jalan bagaimana kita bisa mengirim dokter-dokter dan tenaga medis kita melalui program dokter dan perawat mengabdi untuk memberikan bantuan kemanusian pada pegungsi Palestina dan Suriah yang ada di Yordania bersama-sama dengan negara atau institusi donor lainnya," pungkas Bisri dirilis Humas UB. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :