Relawan Bahasa Jepang Dikirim ke SMAN 1


MALANG - Selama satu semester, siswa SMAN 1 Malang belajar bahasa Jepang langsung dari pembicara aslinya. Siswa di lintas minat dan eskul Bahasa Jepang kedatangan Manami Sensei dan Atsuko Miyamoto dari Japan Foundation.
Atsuko Miyamoto pun sangat terkesan dengan antusiasme siswa belajar bahasa dan budaya Jepang serta bahasa asing lainnya. Di era globalisasi seperti ini sangat penting bagi siswa mempelajari banyak bahasa asing supaya lebih bebas lagi melangkah keluar dari Indonesia.
”Intinya pelajarilah bahasa asing sebanyak-banyaknya, biar siap menghadapi dunia. Di sini siswa sangat antusias belajar Bahasa Jepang dengan sangat mendalam,” ujar Atsuko kepada Malang Post.
Selain itu, Atsuko juga terkesan dengan SMAN 1 Malang yang memberikan perhatian penuh kepada seluruh siswanya melalui fasilitas lengkap seperti adanya layar proyektor hampir di setiap ruang kelas. Padahal, menurutnya, di Jepang sendiri belum seperti itu. Indonesia patut berbangga dengan kepedulian semua pihak terhadap pendidikan saat ini.
Lebih lanjut ia menjelaskan, kedatangannya ke SMAN 1 Malang bukan untuk mengajar Bahasa Jepang, melainkan relawan yang untuk membantu guru Bahasa Jepang mengajar di kelas. Tidak hanya mengenai pelajaran saja, tetapi Atsuko juga memperkenalkan budaya yang ada di Jepang mulai seperti menggunakan pakaian tradisional jepang Yukata, budaya membungkus barang dengan kain (Furoshiki) dan upacara minum teh (sadou).
Sementara itu, H. Musoddaqul Umam, S.Pd.,M.Si, menambahkan, program mendatangkan native speaker dari Jepang ini merupakan bentuk kerja sama antara sekolah dengan Japan Foundation yang sudah terjalin lama.
“Sudah tiga semester ini kami diperbantukan native speaker langsung dari Jepang. Semua yang menyediakan dari Jepang Foundation, jadi mereka membantu mengajar di sini selama satu semester,” ungkap Umam.
Menurutnya, adanya native speaker dari Jepang juga memberikan dampak positif bagi siswa.
“Kalau dari segi materi mungkin sama saja, karena guru Bahasa Jepang di SMAN 1 Malang ini sangat fasih berbahasa Jepang dan beberapa kali pergi ke Jepang juga untuk meningkatkan skill kebahasaannya,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :