Ada Wifi Corner di SMK PU Malang


MALANG – Siswa SMK Pekerjaan Umum (SMK PU) Malang kini makin leluasa mengakses internet. Sebab, tersedia Wico (Wifi Corner) di sekolah yang disupport penuh Telkom Malang.
Wico diresmikan langsung GM Witel Malang, Juaksa Sinaga, Selasa, (3/4/18).
Menurut Juaksa Sinaga, perkembangan pesat teknologi saat ini mendorong Telkom turut berperan serta membangun kecerdasan bangsa melalui program Wifi Corner yang kini sudah mencapai angka 172 Wico.
“Kami berupaya penuh dalam memberikan sarana, akses internet dengan kecepatan tinggi, bila pada umumnya hanya mencapai belasan mbps, dengan Wico ini cepatnya bisa mencapai 100mbps,” ujarnya Juaksa dalam sambutannya.
Dengan kecepatan akses, lanjutnya, diharapkan mampu membantu para siswa dalam kegiatan belajar mengajar, yang mungkin informasi yang dibutuhkan tidak ditemukan pada buku pelajaran. Apa yang ingin diketahui siswa hanya tinggal menuliskan di google, maka jawaban akan segera didapatkan.
“Namun dengan adanya internet, para guru juga harus berhati-hati dalam memberikan informasi, jangan sampai salah. Karena siswa akan dapat mengetahui kebenaran informasi tersebut. Namun, adanya Wico di SMK PU ini semoga dapat membantu para siswa dalam memenuhi kebutuhan internet sebagai sarana untuk belajar,” papar Juaksa.
Sementara itu, Kepala SMK PU, Drs. H. Idham Cholik, M.Pd, menambahkan, tujuan utamanya adanya Wico di sekolah ini untuk memfasilitasi siswa dan masyarakat untuk dapat mengakses internet lebih cepat dan kapan saja.
“Untuk siswa sendiri tentu kami menginginkan siswa lebih banyak mendapatkan informasi-informasi positif dari internet dengan kecepatan maksimal. Karena apabila menggunakan wifi sekolah aksesnya terbatas hanya terpusat di salah satu ruangan saja,” ujar Idham.
Dengan adanya Wico di SMK PU Malang, siswa dengan leluasa mengakses internet dengan kecepatan lebih tinggi meskipun digunakan secara bersama-sama. Sehingga penyerapan materi di kelas akan lebih maksimal apabila diimbangi oleh pengetahuan lainnya dari internet yang mungkin tidak bisa dijelaskan secara detail saat pembelajaran di kelas.
Wico yang ada di SMK PU ini rencananya akan dapat diakses setiap hari mulai sekolah buka hingga pukul 21.00 WIB. Tentunya pihak sekolah akan berusaha memantau aktivitas siswa mengingat Wico berada di area sekolah.
“Rencana memang hanya buka sampai jam 21.00 WIB saja, namun kami akan melihat perkembangannya ke depan, apabila memang memungkinkan akan buka lebih lama. Kemudian nanti kami juga akan menambahkan kamera CCTV untuk melihat segala aktivitas yang ada di Wico,” imbuh Idham.
Wico yang ada di SMK PU bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan, baik siswa maupun masyarakat umum. Namun untuk bisa mengaksek harus membeli vocher terlebih dahulu dengan harga Rp 5.000 (siswa SMK PU) dan Rp 6.000 (masyarakat umum). (mg7/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :