Poltekom Tawarkan Beasiswa Pertambangan


MALANG – Menghadapi revitalisasi politeknik, Poltekom juga menempuh berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Beruntungnya, kerja sama dengan industri pertambangan membuat mahasiswa akan berpeluang mendapat beasiswa. Selain itu, kurikulum juga dibenahi melalui blended kurikulum.
“Skema kerja sama kami dengan industri pertambangan melalui blended kurikulum dan pelatihan grup mekanik,” ujar Direktur Poltekom Dr Isnandar MT kepada Malang Post.
Dia melanjutkan, industri tambang memberi kesempatan kepada mahasiswa Poltekom mendapat beasiswa pembiayaan perkuliahan dan uang saku. Selain itu, mahasiswa dapat langsung diterima di industri tersebut yang berlokasi di Kalimantan Tengah tersebut.
“Program beasiswa diberikan pada semester lima dan enam,” ungkapnya.
Mahasiswa Poltekom menjalani perkuliahan dengan blended kurikulum meliputi empat semester di Poltekom dan dua semester di perusahaan. Pusat industri tambang tersebut berkantor di Jakarta tapi beroperasional di Kalimantan tengah. “Mereka juga akan mendapat uang transport selama magang. Berbeda dengan SMK, setelah lulus langsung bekerja dan menjadi grup leader,” bebernya.
Selain itu, kerja sama pelatihan antara Polinema dan industri tambang tersebut dilakukan selama tiga bulan. Kegiatan tersebut untuk mentraining rekruitmen mereka sebagai grup mekanik. Nantinya seluruh siswa SMA dan SMK di seluruh Jawa Timur ditambah dengan siswa di Kalimantan akan berguru di Poltekom. “Angkatan pertama mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini awal bulan April akan langsung terekrut. Target perusahaan ada ribuan, yang penting mahasiswa diterima, setelah ambil semester lima,” tandasnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...