Salah Cetak di Soal Matematika


MALANG – Dua siswa SMK Salahuddin 2 menemukan kejanggalan pada mata ujian matematika, kemarin. Pasalnya di salah satu soal Matematika yang dikerjakannya tersebut semua jawabannya sama.
Proktor SMK Salahuddin 2 Theda Priya Aji, S.Pd, mengatakan, kejanggalan tersebut dialami oleh dua peserta UNBK sesi dua saja. Sedangkan peserta lain tidak mengalami hal yang sama, begitupun dengan sesi pertama semua berjalan normal.
“Jadi ada satu soal yang memiliki jawaban sama, yaitu pilihan A sampai C jawabannya sama, sedangkan soal D sampai E jawabannya juga sama,” terang Theda kepada Malang Post.
Kesalahan jawaban yang dialami dua siswa bernama Atika dan Ronaldo awalnya sempat membuat bingung. Namun pihak proktor dan pengawas memberikan solusi kepada siswa dengan menjawab salah satu pilihan yang dianggap benar.
“Karena soal itu tidak boleh ada yang kosong kami sarankan kepada dua siswa tersebut untuk menjawab pilihan yang ada. Supaya mereka dapat melanjutkan mengerjakan soal yang lainnya,” papar Theda.
Menurutnya, kejadian semacam ini biasa terjadi lantaran soal diacak dengan tipe berbeda setiap siswa, maklum saja ada kesalahan seperti ini.
“Kejadian soal dengan pilihan jawaban yang sama itu sudah kami laporkan melalui web UNBK, namun responnya tidak bisa langsung kami dapatkan. Tapi tidak apa-apa, siswa kami tetap mengerjakan soal berikutnya dengan tenang,” kata Theda.
Sementara itu Kepala SMK Salahuddin 2, Drs. Romelan, menambahkan, kesalahan semacam itu tidak membuat siswa gugup.
“Karena kami sudah mempersiapkan mental anak didik kami dengan sangat matang,” ungkapnya.
Pelaksanaan UNBK hari kedua mata pelajaran Matematika ini berjalan lancar dengan pembagian waktu tiga sesi. Total jumlah siswa sebanyak 32 siswa dengan ketersediaan 14 unit komputer utama dan 6 unit komputer cadangan. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :