Lolos Forum Pelajar Indonesia, Kesempatan Bertemu Tokoh Nasional


SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur berhasil mengirimkan tiga siswanya di ajang Forum Pelajar Indonesia X. Adalah Tony Varian Pradipta Suharjito, Shafira Salma Yoviriska, dan Muhammad Bintang Adyaksa berhasil lolos dalam kegiatan paling bergengsi bagi pelajar di seluruh Indonesia ini.
Selain mewakili sekolah, ketiga pelajar tersebut juga mewakili provinsi Jawa Timur untuk mengikuti serangkaian kegiatan Forum Pelajar Indonesia X di Jakarta, 8-11 Agustus mendatang. Selama empat hari, mereka akan lebih banyak berdiskusi dengan lebih dari 300 pelajar dari seluruh Indonesia. Bahkan  di ajang ini pula mereka berkesempatan menyampaikan aspirasinya kepada orang-orang penting di tanah air.
Shafira Salma Yoviriska, mengatakan, dalam forum ini provinsi Jawa Timur mengirimkan sebanyak 9 orang termasuk tiga siswa dari SMA Negeri Taruna Nala. Sedangkan dari sekolah sendiri yang mendaftar sebanyak tujuh siswa tapi yang diterima tiga orang.
“Mulai saat ini kami sudah mulai mempersiapkan apa saja yang diperlukan nantinya disana terutama saat cultural performance, persentasi, dan terutama mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan saya ajukan kepada Pak Jokowi, pemerintah, dan perusahaan-perusahaan yang hadir di forum ini,” ujar Salma.
Lolos dalam Forum Pelajar Indonesia ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi tiga siswa SMAN Taruna Nala, lantaran kegiatan ini banyak dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di Indonesia terutama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Para pelajar dari seluruh Indonesia juga berkesempatan untuk menyampaikan harapan dan aspirasinya secara langsung kepada pemerintah.
Tony Varian Pradipta Suharjito, menambahkan, Forum Pelajar Indonesia yang berlangsung nantinya juga akan menghadirkan beragam penampilan seperti menampilkan budaya dan makanan khas dari daerah masing-masing.
“Sekarang ini kami sudah mulai mempersiapkan apa yang akan ditampilkan nantinya meskipun belum fix, namun yang akan kami tampilkan tidak jauh-jauh dari tarian adat, begitupun juga saat menampilkan makanan di culinary exhibition masih sekedar angan-angan,” papar Tony.
Sebelumnya diterima, ketiga siswa SMAN Taruna Nala tersebut sudah mengikuti serangkaian seleksi mulai dari kemampuan Bahasa Inggris dasar, membuat esai sesuai tema yang ditentukan panitia, seleksi administrasi, dan pembuatan video dengan tema “Terima Kasih Indonesia” atau “Gotong Royong”.
Muhammad Bintang Adyaksa, menambahkan, awalnya tidak menyangka diterima di Forum Pelajar Indonesia ini karena melihat pendaftar yang lain dalam menuangkan ide di video berdurasi satu menit mereka bagus-bagus semua.
“Mana mungkin bisa diterima karena video saya jelek begini apalagi saya membuat video tersebut tergesa-gesa cuma sekitar 3 jam,” imbuh Bintang.
Ia berharap dalam forum ini ide-ide yang dimiliki selama ini bisa tersalurkan khususnya ide terkait solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada di Jawa Timur.
“Kita sebagai pelajar SMA yang notabennya sudah dewasa, mulailah untuk peduli dengan negara dan daerah masing-masing, serta mulai  berfikir membuat suatu program yang dapat memberikan solusi terkait permasalahan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...