Unisma Melebarkan Sayap ke Malaysia


 
MALANG – Dalam satu hari kemarin, Unisma melakukan kunjungan ke dua universitas di Malaysia. Dua universitas yang dikunjungi tersebut, Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan Universitas Putra Malaysia (UPM). Kepada kedua universitas ini, Unisma memperkuat kerja sama yang nantinya mendorong kedua rektor Universitas juga berkunjung ke Unisma.
“Kerja sama dengan UPSI sudah lama dilakukan selama ini, seperti tiap workshop dosen dari Unisma ikut kesana, bahkan dari Unisma ikut menguji di UPSI,” ujar Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri, M.Si kepada Malang Post saat dihubungi via telpon.
Dia melanjutkan, kunjungan tersebut dilakukan untuk mengonkretkan kerja sama yang selama ini telah dibina. Rektor Unisma Prof Dr Maskuri, M.Si dalam kunjungannya didampingi Wakil Rektor I, Prof Drs Junaidi, MPd PhD, Direktur Universitas Prof Dr Ir Agus Sugiarto ST MT, Kepala LP2M Dr Ir H Masyhuri Machfudz MS, Dr Ir Mahayu Woro Lestari MP, Dr Dyah Werdiningsih MPd, Dra Lilik Ernawati Firdaus MSi, Jeni Susyanti SE MM BKP, dan Anik Malikah SE MM BKP. 
Terdata Dosen Unisma yang sudah lulus dari UPSI dan mengambil jurusan matematika yang berhasil bergelar PhD, yakni Drs Zainal Abidin AMS MPd PhD sekaligus sebagai kajur matematika FKIP Unisma.
“Tentu kami mengapresiasi dan terus mendorong program-program yang erat kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia di Unisma sendiri,” bebernya.
Penandatangan MoU antara Unisma dengan UPSI meliputi lecture exchange, student exchange, penerbitan jurnal berskala skopus, summer program, dan internasional conference. Selain bekerjasama dengan 60 perguruan tinggi dalam negeri, Unisma juga telah melebarkan sayap kerjasamanya dengan tujuh universitas di Malaysia.  
“Target kami dalam waktu dekat, Unisma dan UPSI mampu melaksanakan international conference dalam waktu dekat dan juga menyusun tiga sampai empat jurnal kolaboratif. Rektor UPSI juga akan berkunjung ke Unisma sekitar bulan Mei,” tandasnya.  
Usai bertolak dari UPSI, Rektor Unisma beserta rombongan juga berkunjung ke Universitas Putra Malaysia (UPM). Maskuri membawa misi lain ke UPM yakni membenahi Unisma sebagai kampus entrepreneur dengan mengambil inspirasi dari pelaksanaan di UPM.
“Saya terinspirasi model perkembangan entrepreneur UPM yang dapat diadopsi nantinya di Unisma. Tentu perbaikan kurikulum juga akan dilakukan. Bahkan dalam waktu dekat saya juga akan mendorong rektor UPM Dr Mass Hareeza Ali ke Unisma,” imbuhnya dengan semangat. (mg3/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...