Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Gandeng Praktisi dan Ilmuwan Luar Negeri

 
MALANG - Universitas Brawijaya (UB) baru-baru ini melakukan kerja sama dengan beberapa universitas di Yordania. Selain lawatan kerja sama, kunjungan ini juga sekaligus sebagai upaya menggandeng ilmuwan universitas di luar negeri dalam rangka pelaksanaan program 3 in 1.
Kerja sama internasional ini diawali dengan penandatanganan antara Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Yordania dan Palestina, akhir Maret lalu. Sejalan dengan hal itu, Rektor beserta beberapa Dekan juga melakukan kunjungan kerja sama ke beberapa kampus besar di Yordania, diantaranya Jordan University of Science and Technology dan Yarmouk University. 
“Selain lawatan kerja sama, kunjungan ini juga sekaligus sebagai upaya menggandeng ilmuwan universitas di luar negeri dalam rangka pelaksanaan program 3 in 1,” ujar Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Perencanaan, Dr. Moch. Sasmito Djati, MS, dirilis Humas UB.
Selain Yordania dan Palestina, UB baru-baru ini juga telah meresmikan kerja sama dengan Opole University, Polandia. Kerja sama yang telah digawangi oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini juga menggaungkan program 3 in 1. 
Secara singkat, program ini membagi perkuliahan selama satu semester menjadi tiga bagian yang masing-masing akan diampu oleh tiga dosen berbeda. Selain mengajar, dosen-dosen ini juga akan bertukar ilmu dengan bentuk kuliah umum, pelatihan menulis jurnal internasional maupun diskusi tentang rencana penelitian bersama. 
Tercatat hingga April 2018, sudah ada 94 orang dosen yang terdaftar dalam program ini. “Diperkirakan pada semester depan sudah akan memenuhi kuota sebanyak 100 orang. Persyaratan universitas untuk kegiatan ini minimal memiliki peringkat. Saat ini sudah ada 15 negara yang bekerja sama dengan UB, seperti Amerika Serikat, Hongkong, Inggris, New Zealand, Australia”, jelasnya.
Para dosen ini, menurut Kusmartono, juga memiliki kewenangan untuk melakukan penilaian terhadap mahasiswa sesuai standar yang ditetapkan UB.
“Mereka tidak hanya mengajar tapi juga memberikan tugas dan menilai. Selama di sini, juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan dosen UB untuk menulis proposal riset bersama, yang dapat diajukan ke lembaga internasional untuk pendanaannya”, imbuh dosen Fakultas Peternakan UB ini. 
Sejalan dengan Rektor dan Wakil Rektor I, Dr. Moch. Sasmito Djati, MS selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Perencanaan juga menyambut baik program ini. 
“Program ini luar biasa dan harus didukung. Kita harus mencari dosen berkualitas dari luar negeri untuk bisa masuk disini dengan segala pertimbangannya.”, jelas Sasmito. 
Sedangkan hubungan program 3 in 1 dengan mahasiswa, papar Sasmito, akan membantu mahasiswa memahami perkembangan ilmu menjadi lebih baik.
“Jika setiap mata kuliah diampu praktisi, maka mahasiswa akan mengetahui permasalahannya di dunia nyata, tidak hanya teori saja. Perkembangan ilmu di luar negeri juga lebih cepat, sehingga akan lebih cepat memahami teori dan praktisnya,” imbuhnya. 
Tidak hanya dengan perguruan tinggi di dunia, universitas dan fakultas juga telah menggandeng kerja sama dengan berbagai perusahaan. Perkembangan teknologi yang sangat cepat juga sangat mempengaruhi perkembangan dan perluasan keilmuan. 
“Yang mengerti perkembangan teknologi di dunia nyata adalah profesional, sehingga dapat mengimbangi teori yang sudah diberikan. Ilmu juga sifatnya tanpa batas, jadi akan terlihat perbedaannya”, ujar dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan UB ini. 
Melalui program 3 in 1 ini, UB berharap dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa juga dosen. UB juga memiliki tanggung jawab besar untuk turut andil memecahkan persoalan bangsa dan mampu menumbuhkan kesadaran sivitas akademika tentang pentingnya pendidikan dan memperkuat kompetensi serta cinta dan bangga kepada bangsa Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Rektor saat wisuda jenjang Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana pada Sabtu (7/4/2018) di gedung Samanta Krida. (*/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :