UMM Jamin Alumni Bisa Baca Alquran


MALANG - Tidak hanya selesai pada studi akademik, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga membekali mahasiswanya dengan program Baca Tulis Quran (BTQ). Hadirnya program ini menjadi salah satu upaya bagi UMM untuk menjamin seluruh alumninya yang beragama islam dapat membaca Alquran.
Ada dua jalur yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Bagi mereka yang sudah bisa mengaji, dapat mengikuti alur test sedangkan bagi yang belum punya kemampuan mengaji dengan baik, pemahaman tajwidnya masih kurang dapat mengikuti alur bimbingan.
“Bagi mahasiswa yang mengikuti alur bimbingan, menempuh 13 pertemuan dalam semester dengan target menyelesaikan dua modul pembelajaran. Sedangkan mahasiswa yang mengikuti alur test, akan melewati tiga tahap, yaitu tes tulis, tes baca dan yang terakhir pengetahuan terkait tajwidnya,” urai Ketua Markaz Da'wah wa Khidmatul Mujtama' (MDKM) UMM Shofron Hidayat dirilis Humas UMM.
Semarak Literasi Quran ini menjadi salah satu bentuk usaha pencapaian  visi misi UMM untuk menghasilkan civitas akademika yang memiliki perilaku sesuai nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan. Program ini juga menjadi usaha untuk mewujudkan profesionalitas kelembagaan universitas berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
“Program ini muncul melihat latar belakang mahasiswa UMM yang beraneka ragam, jadi tidak semuanya mempunyai basic agama yang baik padahal membaca Alquran merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim,” tambahnya. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :