Antusias Sineas di Mafi Fest 2018


MALANG - Malang Film Festival 2018 ( Mafi Fest 2018) memikat penggemar film di Malang. Hingga jelang kegiatan itu ditutup kemarin siang, banyak penonton film yang hadir di tempat kegiatan yang digelar oleh UKM Kine Klub UMM itu.
Direktur Kine Klub UMM, Muhammad Fikri Hidayat mengatakan banyak penonton yang memadati setiap sesi pemutaran film. “Satu sesinya selalu didatangi 100 penonton lebih, bahkan ada yang pernah mencapai 241 orang,” jelasnya.
Jumlah penonton sebenarnya bisa lebih dari itu. Hanya saja disesuaikan dengan jumlah kursi yang terbatas.
Dia menjelaskan Malang Film Festival 2018 ini merupakan ajang pencarian bakat sineas -sineas muda. Tidak hanya diikuti kalangan mahasiswa tetapi juga para pelajar SMA dan SMK dari berbagai daerah.  “Pendaftaran filmnya sendiri sudah dibuka sejak 1 November 2017  hingga 20 Februari 2018. Dan sudah terkumpul 416 film,” terangnya.
Namun yang ditayangkan di Mafi Fest 2018 ini merupakan hasil karya yang terbaik.
“ Disaring lagi hingga akhirnya menghasilkan 25 film yang diputar,” tambahnya.
Ada empat kategori yang dilombakan. Yaitu kategori fiksi pendek pelajar, kategori fiksi pendek mahasiswa, kategori dokumenter pelajar, dan kategori dokumenter mahasiswa.
Dari semua kategori hanya terpilih satu pemenang saja. Dan tiap film yang terpilih sutradaranya juga diundang. “Kita ajak diskusi juga mengapa memilih tema tersebut dan juga itu termasuk penilaian,” katanya  sembari mengatakan tema yang diambil sebagian besar adalah sosial budaya.
Sutradara film Canggung dan juri untuk kategori fiksi, Tunggul Banjaransari mengatakan para sineas muda masih membutuhkan banyak belajar. “Untuk pelajar dari segi cerita tidak fokus. Sedangkan mahasiswa tidak dapat menentukan sudut pandang,” paparnya.
Menurutnya fenomena tersebut telah berlangsung cukup lama yaitu mulai tahun 2014. Penyebabnya pun sebenarnya cukup sepele. “ Terlalu fokus akan teori dari dosen dan guru serta referensi tontonan masih kurang,” bebernya. Sebenarnya lanjut dia, sutradara film dapat mengeksplor lebih banyak. (mg5/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :