Menjadi Syarat Wajib Kelulusan

 
MALANG - Bimbingan baca Alquran SD Plus Al-Kautsar sampai pada tahap menghafal juz 30. Ini menjadi syarat wajib kelulusan bagi siswa, untuk bisa memperoleh ijazah. Bagi yang belum tuntas hafalannya, maka siswa hanya bisa membawa foto copy ijazah. 
“Sampai mereka setor semua hafalan surat di juz 30, baru mereka mendapat (ijazah) yang asli,” kata Kepala SD plus Al-Kuatsar Dr. Dhiah Saptorini, SE. M.Pd 
Menurut Rini, sapaan akrabnya, hafalan quran di masa sekolah dasar sangat penting. Karena Ia tidak yakin, apakah di SMP dan SMA siswa masih sempat untuk menghafal Alquran. Apalagi melanjutkan ke sekolah yang porsi materi agamanya sangat terbatas.
“Dan di usia remaja mereka dihadapkan dengan berbagai aktivitas, maka kami khawatir untuk menghafal Alquran pun sudah tidak sempat,” terangnya.
Dalam acara Wisuda Santri Al-Quran SD Plus Al-Kautsar Rini menjelaskan, kemampuan membaca ayat-ayat Tuhan dengan benar merupakan sebuah keharusan. Pembelajaran Alquran bagi para siswa merupakan sebuah tahapan yang harus dilalui, untuk mengenal Tuhannya.
“Bacaan Alquran yang tertib menjadi awal kesempurnaan salat dan ibadah lainnya,” jelas Rini.
Ia menambahkan kesempuraan salat akan berimbas pada karakter siswa. Salat yang bagus akan dicerminkan dari akhlakul mulia yang akan membawa pemahaman anak terhadap ilmu pengetahuan. 
“Sempurnanya salat akan memunculkan akhlakul karimah. Akhlak tersebut yang akan membawa pada pemahaman dan penguasan siswa pada ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan Tuhannya. Oleh kaena itu, sejak awal berdirinya SD Plus Al-Kautsar memberikan perhatian yang serius terhadap pembelajaran Alquran,” terangnya. (imm/sir/aim)

Berita Lainnya :