Belajar Pengolahan Pangan Lokal di UB


MALANG – Enam aparatur Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kabupaten Maluku Barat Daya mempelajari teknik pengolahan hasil pertanian melalui pelatihan kewirausahaan sentra industri  Fakultas Teknologi Pertanian UB, kemarin. Tak hanya belajar teori, tapi peserta juga langsung mempraktikkan ilmu langsung ke UKM.
“Alhamdulillah atas kepercayaan pemerintah Maluku Barat Daya untuk belajar ke FTP UB, kami menyiapkan berbagai topik yang faktual dan aplikatif,” ujar Koordinator Instruktur Pelatihan, Dr Siti Asmaul Mustaniroh STP MP.   
Siti Asmaul yang sekaligus pakar Halal Food FTP UB ini juga memaparkan, tim FTP UB juga telah menyiapkan berbagai materi pelatihan yang meliputi teori praktik, hingga meninjau langsung aneka industri pangan di Malang dan Kediri. “Harapannya, semua ilmu dari FTP UB dapat langsung diterapkan bagi kemajuan daerah setempat,” ungkapnya.
Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP Maluku Barat Daya, Santjie Belseran menegaskan keberhasilan FTP UB pada bidang tertentu mendorong mereka sengaja belajar ke FTP UB untuk mempelajari lebih dalam teknologi pengolahan hasil pertanian dan keterampilan aparatur serta manajemen kewirausahaan. Teknologi tersebut difungsikan untuk mempercepat pelaksanaan dan pengembangan diversifikasi pengolahan pangan berbasis sumberdaya lokal. “Tentu pelatihan ini sebagai upaya ke depan agar kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2018 dapat meningkatkan daya saing serta nilai tambah ekonomi pangan,” imbuhnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :