7.549 Siswa Jalani UNBK SMA


MALANG - Sebanyak 7.549 siswa SMA se kota Malang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), hari ini. Seluruh sekolah telah melakukan sinkronisasi data sekaligus peningkatan keamanan di masing-masing sekolah.
"Sinkronisasi soal sudah dilakukan pada server di seluruh sekolah. Jadi dari segi teknis sudah siap," ujar Ketua MKKS SMAN Kota Malang, Tri Suharno.
Dia melanjutkan, sebagian besar sekolah negeri di kota Malang menerapkan tiga sesi UNBK, sehingga seluruh peserta diimbau untuk datang tepat waktu. "Saya imbau anak-anak datang tepat waktu dan jangan terpengaruh isu soal bocor," tuturnya.
Menurutnya, peralatan ujian di setiap sekolah sudah sesuai standar UNBK. Selain itu, Dirjen dan Direktorat sudah berada di Kota Malang untuk melaksanakan pemantauan UNBK. "Dari Dirjen dan Direktorat siap di Malang untuk melaksanakan pemantauan ke sekolah yg akan dikunjungi, tapi masih belum tahu pemantauan dilakukan secara acak sekolah negeri dan swasta," tegasnya.
Begitu halnya persiapan di SMAN 9 kota Malang, untuk meningkatkan keamanan, kepala sekolah bersama lima guru serta teknisi stand by di sekolah. Kepala SMAN 9, Abdul Teddy mengaku sinkronisasi soal telah dilakukan kemarin (7/3). "Alhamdulillah sudah siap, sekarang menjaga keamanan agar yang dipersiapkan teknisi tidak ada gangguan dan berjalan baik," ungkapnya.
Teddy membeberkan, meskipun persiapan telah dilakukan maksimal, kemungkinan adanya gangguan UNBK tetap saja bisa terjadi. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut perlu pengamanan dan monitoring rutin. "Pengamanan mulai dari listrik agar tidak padam, tidak ada pencurian, hingga sabotase," bebernya.
Tak hanya kasus pencurian saja yang harus diantisipasi, tapi juga perusakan peralatan ujian. "Tidak hanya dicuri tapi juga dirusak, jadi saya sama lima guru ikut meningkatkan kemananan. Kami juga menyiapkan genset," imbuhnya.
Peserta UNBK SMAN 9 tahun ini sebanyak 379 siswa dengan 11 ruang ujian yang terbagi satu kelas bahasa, tiga kelas IPS, dan tujuh kelas IPA. (mg3/han)

Berita Lainnya :