UNBK SMP , Dindik Minta Jujur dan Bersih


MALANG - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang, M Hidayat, berharap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMP dan MTs, nantinya berjalan bersih. Seluruh pengawas dan kepala sekolah, sudah diambil sumpah agar melaksanakan ujian dengan jujur, aman dan tertib.
UNBK sendiri digelar pada 23 April nasti.  “Semua pengawas UNBK sudah kami ambil sumpah. Kepala sekolah juga sudah menandatangani pakta integritas, agar pelaksanaan UNBK nanti bisa jujur, aman dan tertib,” ungkap Dayat, sapaannya.
Dikatakannya, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sudah siap secara matang untuk pelaksanaan UNBK nanti. Termasuk juga sudah menggelar beberapa kali try out untuk siswa. Harapannya, siswa nantinya sudah siap dan bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.
"Harapan kami nanti semuanya lulus 100 persen. Karena sebelumnya sudah kami lakukan beberapa kali try out sebagai persiapan menghadapi UNBK," ujarnya.  Total ada 36.339 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Malang, yang akan mengikuti UNBK.
Mereka berasal dari 509 lembaga pendidikan. Rinciannya, untuk SMP Negeri ada 97 lembaga dengan jumlah siswa sebanyak 13.754 siswa. SMP Swasta ada 225 lembaga dengan jumlah peserta sebanyak 11.833 siswa.
Kemudian SMP Terbuka ada 4 lembaga dengan jumlah peserta sebanyak 157 siswa. Lalu, MTs Negeri ada 7 lembaga dengan jumlah siswa 1692 siswa. Dan MTs Swasta ada 176 lembaga dengan jumlah siswa 8903 siswa.
Senin kemarin, seluruh siswa tersebut juga telah mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandart Nasional (UASBN). "Jumlah siswa yang mengikuti UASBN dan UNBK sama tidak ada perbedaan," tambah pria ini.
Dikatakannya, untuk UASBN dilaksanakan di masing-masing lembaga pendidikan. Sedangkan untuk pelaksanaan UNBK, jika lembaga sekolah belum siap, maka bisa bergabung dengan sekolah lainnya. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :