Kunjungi Malang Post, Mahasiswa Ingin Akrab dengan Media


MALANG - Selama beberapa hari ke depan, kantor Malang Post akan dikunjungi mahasiswa Universitas Brawijaya. Mereka adalah mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian UB. Agenda rutin mata kuliah Dasar Komunikasi ini dalam rangka mengenalkan media cetak Malang Post sebagai salah satu media massa yang ada di Kota Malang.
Seperti Senin malam kemarin, sekitar 61 mahasiswa mata kuliah Dasar Komunikasi kelas L dan C berkunjung ke Graha Malang Post. Mereka disambut hangat Sekretaris Redaksi Malang Post Buari, STP. Kurang lebih satu jam, Buari memberikan materi seputar pembuatan berita mulai dari awal hingga koran bisa sampai ke tangan pembaca.
“Bisa dikatakan media cetak jam kerjanya 24 jam. Pagi hingga siang, wartawan mencari berita kemudian menulis, sore sampai malam proses editing oleh redaktur, setelahnya lay out, baru kemudian dicetak. Selesai cetak, dini hari disalurkan ke agen-agen Malang Post,” ujar Buari.
Selain mendapat materi, mahasiswa juga diajak berkeliling ke setiap bagian dari Malang Post. Mahasiswa sangat antusias melihat awak redaksi yang sedang bekerja di meja masing-masing.
“Dari kegiatan ini selain ilmu yang kami dapatkan, juga lebih menghargai wartawan karena untuk mencari satu berita saja susah apalagi tiga atau empat,” ujar Mahasiswi Dasar Komunikasi kelas L Nabila Amalia Riski.
Menurutnya, melalui kegiatan ini juga mahasiswa menyadari pentingnya membaca koran, karena koran juga menyajikan berita-berita menarik yang faktual dan terpercaya.
“Sebaiknya tidak hanya membaca berita di media online saja, tetapi juga diimbangi dengan media cetak salah satunya koran,” tandas Nabila.
Sementara itu, Asisten Praktikum Anggun Nuraini mengatakan, setelah melakukan kunjungan ke Malang Post, praktikan harus membuat sebuah artikel atau yang berkaitan dengan jurnalistik dengan materinya hasil dari kegiatan kunjungan ini.
“Kunjungan ke Malang Post sekaligus mengenalkan kepada praktikan bahwa untuk mengkomunikasikan sebuah informasi tidak cukup dengan satu media saja, melainkan harus merangkul semua media agar informasi bisa tersampaikan dengan baik dan sesuai sasaran,” ujar Anggun.
Tujuan utama kunjungan ke media yaitu agar mahasiswa mampu mengaplikasikan materi-materi di kelas terutama media massa baik cetak maupun elektronik. Tidak hanya ke Malang Post, nantinya praktikan mata kuliah Dasar Komunikasi juga diajak mengunjungi beberapa media lain seperti radio RRI dan UB TV.
“Semoga dengan kegiatan ini praktikan bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta mampu mengaplikasikan dengan baik apabila ke depannya mereka tertarik terjun ke dunia jurnalistik,” tutup Anggun. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...