Asik Berhitung, Komputer UNBK Log Out Sendiri


MALANG - Kalau ujian menggunakan kertas, siswa punya banyak waktu untuk berhitung. Tapi, dengan system computer, siswa tak boleh terlalu lama membiarkan layar monitor tanpa aktivitas. Hal itu pula yang terjadi pada UNBK matematika, kemarin. Gara-gara asik berhitung, layar computer menutup alias log out dari system.
Koordinator Help Desk Kota Malang, Nurul Firdaus mengatakan, pelaksanaan UNBK mata pelajaran Matematika ini yang banyak dilaporkan -teman proktor dan teknisi yakni sistem sering mengalami log out sendiri karena komputer tidak ada aktivitas selama kira-kira 15 menit.
“Mungkin hal ini disebabkan karena siswa sedang asyik menghitung sehingga tidak sempat menggerakkan mouse dengan durasi cukup lama, sehingga besar kemungkinannya sistem log out sendiri,” ujar Nurul.
Bila diestimasi sekitar dua sampai tiga siswa per ruang yang mengalami log out sendiri. Namun setelah log in lagi, sistem akan kembali seperti awal pada soal tanpa mempengaruhi waktu maupun jawaban yang telah dikerjakan.
Menurutnya, semua proktor di setiap sekolah sudah mengingatkan kepada seluruh siswa tetapi biasanya ada yang lupa satu atau dua anak.
“Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK SMA di Kota Malang lancar, apalagi sekarang ada menu Transfer Respon,” ujar Nurul.
Transfer Respon itu berfungsi untuk berfungsi menyimpan history siswa mengerjakan, sehingga saat server trobel dan harus ganti tinggal setting vhd dan menyambungkannya ke server yang baru sehingga jawaban siswa tetap ada dengan paket soal dan siswa waktu yang sama. Tahun kemarin, siswa harus mengerjakan mulai dari nol lagi dan bisa jadi siswa mendapatkan paket soal yang berbeda.

Berita Lainnya :

loading...