Siapkan Aksi Lingkungan di Ngantang


UNISMA akan mengajak 100 mahasiswa asing untuk terlibat langsung dalam pengolahan limbah enceng gondok di Waduk Selorejo, Ngantang. Kegiatan ini akan berlangsung melalui summer camp Unisma yang akan diselenggarakan pada 22 Juli-3 Agustus mendatang.
“Topik yang bersentuhan dengan lingkungan lebih disukai, terlebih jika problem yang dihadapi mahasiswa asing tidak ditemui mereka di negaranya,” ujar Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Unisma, Novi Arfarita SP MP MSc PhD saat ditemui Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, permasalahan limbah enceng gondok di Waduk Selorejo, Ngantang akan terasa unik, sebab mereka akan terjun langsung untuk mengolah limbah. 100 mahasiswa asing dari sembilan negara meliputi Thailand, Vietnam, Myanmar, Jepang, Turki, Mesir, China, Taiwan, dan Korea Selatan ini akan tinggal di waduk selama 12 hari. Mereka akan mengikuti program teori reduce, reuse, dan recycle. Fokus pembelajaran lingkungan itu yang akan ditunjang dengan ahli luar negeri yakni Prof Koichi Yamamuto dari Yamaguchi University Jepang.
”Dengan kearifan lingkungan, mereka dituntut dapat mengatasi permasalahan lingkungan pada masyarakat di sekitar. Permasalahan enceng gondok di negara mereka tidak ada. Mereka juga nantinya akan saling berdiskusi. Keterlibatan mahasiswa asing di masyarakat juga menjadi tujuan utama summer camp tersebut,” ungkapnya.
Summer camp tahun lalu dominan dalam topik budaya dengan program pengayaan saja. Mahasiswa dalam program summer camp hanya dikenalkan Malang heritage, tempe, batik dan topeng Malangan saja.
Jika dibandingkan tahun lalu, Summer Camp Unisma nanti mengalami peningkatan kualitas. Sebab, tidak hanya jumlah mahasiswa asing yang meningkat. Summer camp juga merupakan implementasi Mou Konsorsium KUI Malang Raya. Pelaksanaannya juga disupport oleh Dikti.
“Tahun keempat ini summer camp Unisma mendapat hibah dari Dikti sebesar Rp 150 juta untuk pelaksanaan 10 hari tersebut. Ini nanti diharapkan lebih besar lagi kerja samanya dengan 13 perguruan tinggi di Malang Raya yang sudah teken Mou,” pungkasnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :