Jelang Lulus, Siswa SMKN 7 Ngaji di Masjid Jami


MALANG - Setelah tuntas memberikan bekal keterampilan di sekolah, SMKN 7 Malang membekali siswanya dengan keimanan. Bertempat di Masjid Jamik Kota Malang, para siswa kelas XII mengikuti materi pembinaan iman dan karakter. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membina siswa dari segi imtak untuk menanamkan karakter, sikap, keimanan, kejujuran, dan lain-lain.
“Harapannya ketika terjun ke masyarakat maupun dunia kerja, mereka sudah siap secara religi dan karakternya,” ujar Pembina Pendidikan Islam SMKN 7 Malang, Imam Ghozali, S.Ag, M.Pdi, kepada Malang Post.
Selama tiga hari berturut-turut siswa kelas XII mengikuti serangkaian kegiatan khususnya pemberian materi keagamaan dan psikologi. Kegiatan ini diikuti 260 siswa dari semua jurusan. Siswa juga diajak khataman Alquran yang terbagi menjadi tiga sesi yakni hari pertama 10 juz, hari kedua, 11 juz, dan hari terakhir 9 juz. Jumlah juz yang dibaca setiap harinya dibagi sesuai jumlah siswa dengan tujuan dalam keseharian siswa tidak meninggalkan membaca Alquran.
Pembinaan yang diadakan di masjid ini sekaligus untuk memberikan suasana baru kepada siswa kelas XII yang sebentar lagi menghadapi kelulusan. Kegiatan ini sebagai ganti untuk mereka lantaran pada agenda rutin pondok Ramadan di SMKN 7 Malang mereka tidak bisa ikut lantaran sudah lulus, sehingga kesempatan kali ini digunakan untuk moment berkumpul sebelum meninggalkan sekolah.
Disamping itu, kegiatan ini memiliki tujuan utama yakni pembentukan karakter yang religius sebagai siswa yang nantinya memiliki etos kerja sangat baik sesuai dengan jurusannya masing-masing. Tak hanya itu, SMKN 7 Malang juga mendatangkan pemateri baik dari takmir masjid maupun dosen psikologi yang berkompeten di bidangnya.
Sementara itu, siswi kelas XII jurusan Jasa Boga, Talia Bunga, mengatakan, kegiatan yang diadakan SMKN 7 Malang khusus untuk kelas XII memiliki banyak manfaat salah satunya mengajarkan bagaimana attitude saat melamar kerja, interview, hingga ketika sudah menjadi bagian dari instansi atau perusahaan tersebut. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :