Usia 37 Tahun, Unisma Gencar Ekspansi ke Luar Negeri


MALANG - Unisma mengadakan syukuran pada usia ke 37 tahun, kemarin. Dalam pencapaiannya, Unisma melakukan ekspansi kerja sama luar negeri yang nantinya mampu mendorong seluruh civitas akademika lebih kompetitif. Dimulai dengan salawatan dan istighotsah bersama, acara tersebut berlangsung khidmat yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika, jajaran yayasan, sekaligus mitra kerja Unisma.
“Di usia 37 tahun ini semoga Allah SWT menambah rahmat, taufik, dan keberhasilan Unisma Malang sekaligus civitas akademika yang bekerja sehari-hari. Saat ini, Unisma tengah mempersiapkan SDM Unggul untuk meningkatkan daya saing,” ujar Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi dalam sambutannya, kemarin.
Upaya yang dilakukan mulai dari gencarnya ekspansi ke berbagai negara. Hal ini ditujukan untuk mengajak seluruh civitas Unisma bersaing dengan luar negeri.
“Kami memiliki semangat tinggi sekaligus energi positif yang dimiliki untuk perubahan. Jangan diam, jangan stagnan,” ungkap Rektor berkacamata ini.
Maskuri melanjutkan, prioritas Unisma ke depan adalah pengembangan SDM, perpustakaan, pesantren, dan lapangan indoor untuk sarana olahraga bagi civitas akademika. Selain itu, dosen dan mahasiswa dituntut memiliki inovasi yang berbasis riset dan penelitian.
“Riset dan penelitian juga penting untuk meningkatkan mahasiswa yang memiliki kompetensi. Harus berani bermimpi, bercita-cita besar, dan melakukan perubahan untuk Unisma maju dan berdaya saing,” tegasnya lagi.
Tidak hanya dibidang penelitian, pada Dies Natalis ke 37 ini, dia juga menilai pentingnya pendidikan entrepreneur di perguruan tinggi. Unisma harus siap mengikuti lokakarya yang diadakan program entrepreneur serta siap bergabung dengan tenaga expert lainnya. Sehingga, pihaknya juga menggandeng perbankan untuk implementasinya.
“Dua perbankan telah disiapkan untuk kerja sama ini, maka Unisma juga membuka kerjasama yang luas untuk perbankan lainnya,” tuturnya.
Sementara itu, Sekertaris Dewan Pembina Yayasan Unisma, Dr H Mochtar Data MPd juga mengapresiasi kemajuan serta pencapaian Unisma saat ini. Menurutnya, kemajuan Unisma tak lepas dari tiga kepercayaan yakni kepercayaan dan campur tangan Allah SWT, pemerintah, masyarakat. Kemudian didukung dengan kepercayaan dan campur tangan seluruh civitas akademika. “Unisma harus siap bersaing dan menjaga peradaban dunia. Yang terpenting adalah mengubah energi positif dikalangan civitas akademika untuk maju bersama,” tandasnya.
Dalam perayaan Dies Natalis ke 37, kali pertama Unisma mengapresiasi prestasi dan kompetensi dosen dengan anugrah fakultas. Hal ini bertujuan untuk upaya peningkatan fakultas mulai dari unit, lembaga, hingga pasca sarjana dengan indikator yang telah disusun bersama agar kompetitif dan dapat bersaing. Selain mendorong kualitas SDM melalui riset, Unisma terus mengembangkan sarana infrastruktur secara komprehensif. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :