Restart Gagal, Peserta UNBK Harus Pindah Komputer


MALANG - Untuk menghindari loading lama pada soal listening, SMA Muhammadiyah 1 Malang diminta mengerjakan secara bergantian agar beban server tidak terlalu berat.
Soal listening yang membutuhkan beban lebih banyak ini kerap kali menimbulkan permasalahan terutama apabila loading terlalu lama. Selain itu, penggunaan secara serentak juga memiliki pengaruh. Meski sudah disiasati dengan mengerjakan secara bergantian, ada saja yang mengalami masalah.

Koordinator Proktor SMA Muhammadiyah 1 Malang, Agus Sutrisno, mengatakan, ada tiga siswa saat sesi listening suaranya tidak terdengar begitu jelas. Ada pula tombol play yang tidak muncul, sehinga perlu direstart.
“Kemudian browsernya kami bersihkan, kemudian kami restart lagi, jika masih ada masalah kami minta untuk pindah ke komputer cadangan,” ujar Agus.
Namun ada satu komputer client yang begitu sudah di restart, suara pada sesi listening tersebut masih kurang jelas. Sehingga akhirnya terpaksa harus ganti komputer. Pada UNBK kali ini, SMA Muhammadiyah 1 Malang menyediakan empat komputer cadangan. Tak hanya itu, siswa lainnya juga diimbau untuk mengerjakan soal bagian esai terlebih dahulu apabila kesulitan mengerjakan listening.
Sementara itu, menurut Ketua Helpdesk Kota Malang Nurul Firdaus, troubel pada sesi listening tidak hanya dialami oleh satu sekolah saja, melainkan beberapa sekolah di Kota Malang juga mengalami hal serupa.

“Kendalanya hampir sama, suaranya tidak bunyi dikarenakan driver soundcard kurang support atau kurang update,” ujarnya.
Untuk mengatasi hal ini proktor dan teknisi sudah menyiapkan USB soundcard, jadi begitu ada masalah tinggal menancapkan seperti menancapkan flashdisk. Kemudian headset tersebut dilewatkan USB soundcard dan tidak menunggu lama suara pada sesi listening sudah bisa lancar kembali.
“Sementara ini laporan yang masuk terkait kendala pada UNBK Bahasa Inggris belum semuanya, hanya ada beberapa teman proktor yang melaporkan,” kata Nurul.
Menurutnya, apabila ada troubel pada soal pihak proktor bisa langsung melaporkannya ke web UNBK yang tersedia. Format yang digunakan khusus pelaporan soal yaitu dengan memasukkan nomor user, nama peserta, nomor soal yang bermasalah, dan kendalanya apa.
“Fasilitas laporan kasus soal ini dimaksudkan agar nantinya siswa tidak dirugikan,” pungkasnya. (mg7/oci)

Berita Lainnya :

loading...