Berharap Mengulas Informasi Terkini Dunia Pertanian

 
MALANG – Menghadapi persangaingan ketat antar media baik cetak maupun online, Malang Post sudah membuat perencanaan bisnis hingga tahun 2021 mendatang. Rencana ini menjadi perbincangan serius pada sesi kunjungan mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB)  Malang pada hari ketiga, Kamis (12/4).
Kunjungan yang dikuti kelas A, D, dan M dengan total sebanyak 106 mahasiswa mata kuliah Dasar Komunikasi ini merupakan kunjungan rutin untuk memperkenalkan mahasiswa secara langsung mengenai media massa yang sebelumnya hanya dijelaskan di kelas saat praktikum berlangsung.
Dalam kunjungan ini, mereka diajak mengenal lebih jauh mengenai Malang Post. Khususnya pada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan seputar persaingan media cetak saat ini yang mulai tergerus oleh perkembangan media online.
Pemateri kunjungan, Buari, STP, redaktur  Malang Post mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa media cetak saat ini tidak hanya bersaing dengan media online, namun juga sesama media cetak itu sendiri. Untuk itu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk baik dari segi tampilan maupun isi berita.
“Disisi lain kami juga terus meningkatkan kualitas wartawan agar mampu menyajikan berita-berita yang menarik, factual, dan terpercaya,” ujar Buari.
Selain itu, untuk menyapa para pembaca di wiliyah luar Malang Raya, Malang Post hadir dalam bentuk online dan telah memiliki anak perusahaan online bernama klikapa.com yang selalu menyajikan berita-berita peristiwa khususnya kriminal ter uptodate.
“Sedangkan untuk melayani pembaca kalangan muda, kami juga hadirkan rubrik khusus bernama Genzi, yang berisi ulasan seputar anak muda, dan yang mengerjakan halaman itu juga anak muda. Bahkan, kami memiliki studio foto untuk itu,” papar Buari.
Keterkaitan kunjungan mahasiswa FP UB ke Kantor Malang Post juga dalam rangka memberikan pemahanan dunia jurnalistik yang berkaitan dengan materi selama pembelajaran di kelas yakni penyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat umum melalui media massa.
Selain itu, media cetak juga mejadi sarana paling efektif untuk menyampaikan informasi terkait dunia pertanian yang sedang berkambang saat itu. Mahasiswa FP UB mata kuliah Dasar Komunikasi kelas A, Farhan Marza, mengatakan, banyak ilmu-ilmu pertanian atau informasi dalam bidang pertanian yang tidak banyak diketahui oleh semua orang.
Dari kunjungan ini mahasiswa pertanian bisa tahu tentang jurnalistik, sehingga ketika mereka mengetahui hal baru bisa ditulis sesuai kaidah jurnalistik kemudian disalurkan ke media seperti Malang Post.
“Apalagi pertanian menjadi sumber utama keberlangsungan hidup, sehingga kami memiliki peran untuk lebih banyak menyebarluaskan hal-hal baru supaya selain petani masyarakat luas pun juga tahu,” terang Marza.
Lebih lanjut, Ia berharap Malang Post kedepannya banyak mengulas informasi terkini seputar dunia pertanian. Sehingga mahasiswa pertanian bisa menyalurkan ide atau temuan terbarunya ke media supaya lebih banyak memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat umum. (mg7/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...