Ingatkan Pentingnya Komunikasi, Ajak Mahasiswa Belajar di Malang Post


SEBAGAI media lokal, Malang Post turut berperan aktiv dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan menyajikan berita pendidikan di dua halaman bernama Edupolitan. Peran serta ini turut disampaikan oleh Buari, STP selaku Sekretaris Redaksi pada sesi kunjungan dari 30 mahasiswa jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB).
Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mata kuliah Dasar Komunikasi (Daskom) kelas B. Sebelum praktik lapang ini, mereka telah menerima materi tentang media massa salah satunya media cetak yang ada di Kota Malang.
Buari menyampaikan, kontribusi Malang Post dalam dunia pendidikan tidak hanya melalui berita-berita yang disampaikan, melainkan juga berbagai event yang dikhususkan untuk pelajar. Bahkan Malang Post menjadi pelopor event pelajar terbesar di Malang Raya yaitu dengan kegiatan M Teens School Competition (MSC).
“Selain di dunia pendidikan kami juga ikut  berkontribusi dalam pengembangan kampung tematik di Kota Malang, seperti Kampung Warna Warni Jodipan, Kampung Biru, dan Kampung 3D, dan beberapa lainnya,” ujar Buari.
Keterkaitan mahasiswa Daskom kunjungan ke Malang Post yakni dalam hal penyampaian sebuah informasi terkini seputar dunia pertanian yang perlu diketahui oleh masyarakat umum, khususnya petani. Ilmu bidang pertanian akan memberikan manfaat bagi semua orang apabila dapat tersampaikan dengan baik, salah satunya melalui media cetak sebagai media paling efektif.
Asisten Praktikum Daskom kelas B, Widhi Nirwikara, mengatakan, kunjungan ini merupakan implementasi dari kegiatan praktikum di kelas setiap seminggu sekali. Nantinya praktikan (mahasiswa Daskom) tidak hanya paham mengenai teori namun juga pernah terlibat secara langsung melalui kunjungan ini.
“Selain ke media cetak Malang Post, praktikan juga akan melakukan kunjungan ke media elektronik UB TV, dan RRI,” ujar Widhi.
Dengan mengatuhui sendiri mereka akan lebih mudah menerapkannya atau menyalurkan informasi yang didapat ke sebuah media supaya banyak diketahui orang banyak. Dengan begitu ilmu pertanian yang telah mahasiswa dapatkan di kelas maupun nanti ketika sudah terjun ke masyarakat bisa dibagikan atau dipublikasikan ke sebuah media sehingga lebih banyak memberikan kontribusi untuk perkembangan serta kemajuan pertanian itu sendiri.
Melalui kunjungan ini, mahasiswa Daskom juga mendapatkan sekilas materi mengenai jurnalistik, unsur-unsur dan syarat-syarat penulisan sebuah berita. Mereka juga diberi kesempatan untuk melihat ruang kerja para wartawan dan redaksi Malang Post.
Sementara itu, mahasiswa Daskom kelas B, Regilia Nurroikana Zulfa, menambahkan, kunjungan ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pertanian khususnya mata kuliah Daskom ini, yang ada kaitannya dengan media massa.
“Dengan begitu kami mengetahui bagaimana penulisan sebuah berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Meskipun hanya sekilas namun memberikan kami kemudahan ketika nanti memiliki informasi seputar pertanian yang perlu kami sampaikan kepada masyarakat, kami tinggal menyalurkan kepada media tersbut tanpa bingung poin-poin penting apa yang perlu ada di dalam narasi yang kami kirimkan tersebut,” pungkas Regilia. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...