Polinema Gelar Aksi Donor Darah


MALANG - Aula Pertamina Polinema terlihat berbeda dari biasanya. Beberapa petugas kesehatan dari PMI UPT Malang Kota terlihat sibuk memeriksa mahasiswa dan karyawan Polinema. Kemarin, adalah hari pertama kegiatan bakti social donor darah digelar. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian dies natalis ke 36 Polinema.
 “Dari dulu sudah ingin ikut donor darah, tapi baru kesampaian hari ini. Donor darah sangat penting untuk membantu orang lain,” ujar Gusti Dyah Dwi Sukma, mahasiswa Akuntansi di Polinema yang ditemui Malang Post, kemarin.
Mahasiswa semester dua ini meski merasa nyeri di tangan tapi tidak kapok untuk melakukan donor darah lagi. Selain penting untuk membantu orang lain yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi peredaran darah.
Hal yang sama dirasakan oleh Salma Ilmawati, mahasiswa D4 Sistem Kelistrikan ini juga mengaku donor darah yang kedua kalinya membuatnya lebih sehat.
“Tak tahu ini tadi sempat merasa pusing, karena telat sarapan. Tapi tidak kapok untuk donor darah lagi,” tegasnya.
Sementara itu, Dosen Pendamping Organisasi Bakti Karya Mahasiswa (BKM) Polinema, Drs Mufid MT, mengatakan BKM sebagai organisasi sosial kemasyarakatan di Polinema memang secara berkala tiga bulanan mengadakan kegiatan donor darah.
“Dies natalis ke-36 diwujudkan dengan kegiatan bakti sosial dan dilaksanakan dalam kampus selama tiga kali setahun, rata-rata terkumpul 100-120 kantong darah,” ungkapnya.
Selain itu juga ada kegiatan pembagian sembako kepada masyarakat di lingkungan kampus berupa gula, beras, minyak seharga Rp 100 ribu sebanyak 150 paket. Pembagian sembako tersebut bermanfaat untuk menumbuhkan kepedulian Polinema terhadap warga sekitar.
“Dengan adanya kegiatan ini, menumbuhkan kepedulian mahasiswa kepada masalah sosial sehingga mereka dapat lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sosial,” paparnya.
Selain itu, Kepala Departemen Kesehatan UKM Bakti Karya Mahasiswa (BKM), Faizul Achmad Jatmiko mengaku antusias mahasiswa Polinema sangat tinggi dalam pelaksanaan donor darah. Selain donor darah, mahasiswa Polinema yang tergabung dalam BKM juga menjalankan kegiatan kesehatan lainnya seperti seminar kesehatan dan juga pembangunan desa tertinggal. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :