SDN Kauman 1 Melaju ke Jatim


MALANG ­- Salah satu siswa SDN Kauman 1 bernama Cynnara Ardelia Awaludin, lolos ke tingkat Jawa Timur dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2018. Ardel, panggilannya, meraih juara 1 dalam lomba di tingkat Kota Malang untuk bidang lomba melukis pada, (10/4) lalu. Dengan demikian, Ia menjadi salah satu perwakilan Kota Malang yang akan berlomba di FLS2N tingkat Jatim yang akan berlangsung bulan Juli mendatang.
Waka Kesiswaan SDN Kauman 1, Ika Rahmawati, S.Pd mengungkapkan rasa senangnya dengan raihan prestasi siswanya tersebut. Ardel yang ia kenal merupakan siswa yang memang berbakat sejak kelas bawah. Potensi siswa yang bisa ditangkap oleh guru ini dikembangkan sehingga dapat bersaing dalam setiap perlombaan. “Anaknya sebenarnya pendiam, tapi berbakat di bidang olahraga dan seni. Sehingga bakatnya ini menjadi sebuah potensi yang perlu kami kembangkan,” ucapnya.
Ika menjelaskan, guru mempunyai kewajiban untuk menilai setiap kelebihan dari setiap siswa. Perbedaan potensi yang dimiliki siswa merupakan nilai keberagaman yang kemudian dikembangkan sesuai bakat masing-masing siswa.
Oleh kerena itu, lanjut Ika, perlu adanya pembinaan khusus yang fokus pada program pembinaan bakat siswa. Termasuk dengan diberikannya sarana berlatih dan juga kesempatan untuk berlomba.
“Ardel ini merupakan salah satu siswa yang aktif berlomba mulai kelas tiga, sehingga saat sekarang menginjak kelas lima, mentalnya sudah terbentuk dengan bagus,” katanya.
Dalam ajang FLS2N tahun ini, SDN Kauman 1 juga mengirim siswa di lomba bidang Seni Tari dan Pidato Bahasa Jawa. Namun yang berhasil meraih juara 1 dan berhak lolos ke provinsi hanya di lomba melukis. Selain Ardelia, juga ada Sofi Suyaningsih, Carissa Diaz dan Addiana Nayla yang sukses meraih juara 2 lomba seni tari. Serta ada Ananda Aulia Nur Syafa sebagai juara harapan 1 lomba pidato Bahasa Jawa.
Menurut Ika, peserta didiknya telah berusaha maksimal. Selama ini latihan telah rutin dilakukan untuk hasil yang terbaik. Ia juga bangga, lomba seni tari yang baru pertama kali diikuti dalam ajang FLS2N, para siswa mampu mempersembahkan juara 2 di tingkat Kota Malang.   
“Semuanya kami apresiasi. Karena mereka telah berjuang dan berusaha maksiamal sehingga membanggakan SDN Kauman 1. Khusus lomba seni tari, ini merupakan prestasi yang luar biasa karena baru pertama kita ikuti, dan bisa meraih juara 2,” ungkapnya. (imm/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...