Ajak Generasi Milenal Menabung Saham


MALANG – Rendahnya pengetahuan mahasiswa dalam mengenal saham mempengaruhi minat mereka tertarik untuk berinvestasi di pasar modal. Hal ini menjadi fokus tersendiri bagi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unisma dalam mengedukasi mahasiswa untuk mulai menabung saham.
“Belum tertarik untuk investasi di pasar modal, selain itu pengetahuan tentang saham masih minim,” Ujar Putri Dinda mahasiswa semester 4, Jurusan Manajemen FEB Unisma, yang ditemui Malang Post, kemarin.
Dia melanjutkan, lebih menyukai menabung sendiri dan tidak begitu suka menabung di bank, sebab bunganya yang mahal. Meski begitu, dia dan mahasiswa FEB lainnya diwajibkan ke gallery investasi di Unisma.
“Mulai semester dua wajib ke gallery investasi di kampus,” ungkapnya.
MIRAE Asset Sekuritas Indonesia, Wawan Setyawan yang berbicara di Unisma kemarin menegaskan, pasar modal mampu memberikan investor alternatif investasi yang memberikan return yang paling optimal. Perilaku setiap saham harus dipelajari, dari 100% penanam saham, hanya 10% diantaranya yang berhasil. Sehingga pentingnya edukasi menabung saham bagi mahasiswa.
Wawan membeberkan, pasar modal mempunyai peran penting dalam menunjang perekonomian suatu negara, sehingga investasi di pasar modal bukanlah hal yang sulit. Maka generasi milenial, seharusnya sudah beralih untuk mencoba menabung saham. Dia juga menjelaskan beberapa trik dan tips dalam memilih saham seperti memperhatikan kondisi market sedang bearish atau bullish. Saat market bearish, saham-saham cenderung turun sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih kecil. Sementara saat market bullish, saham-saham cenderung naik dan peluang mendapatkan keuntungan lebih besar.
“Beli saham dengan usia mapan (lebih dari lima tahun) itu penting dengan tujuan agar bisa mempelajari fluktuasi pergerakan saham sebelumnya,” tandasnya.
Sementara itu, Dekan FEB Unisma, Nurdiana, SE MSi mengaku tengah menggencarkan edukasi terkait pentingnya transaksi pasar modal. FEB Unisma mewajibkan mahasiswa untuk membuat akun di gallery investasi untuk mulai aktif mengenal saham. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...