Sukses, SMANESI Islamic Festival ke-IV


MALANG – SMANESI Islamic Festival ke-IV kembali digelar oleh SMAN 1 Singosari, Sabtu (14/4) lalu. Sedikitnya ada 13 sekolah dari SMP dan MTs se-Malang Raya dengan empat jenis perlombaan yakni Festival Albanjari, Lomba Khitobah, Kaligrafi, dan Qiroah.
Kepala SMAN 1 Singosari, Drs. Teguh Pramono, M.Pd, mengajak seluruh peserta festival untuk bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar oleh SMAN 1 Singosari keempat kalinya ini.
“Namanya sebuah kompetisi pasti ada yang menang dan kalah, namun semangat harus selalu membara demi mensyiarkan agama islam,” ujar Teguh.
Dari kegiatan tahunan ini diharapkan menjadi sebuah ajang bagi siswa SMP dan MTs untuk menuangkan bakatnya dalam bidang keagamaan. Selain itu, melalui kompetisi yang digelar SMAN 1 Singosari menjadikan siswa lebih semangat dalam mengasah kemampuannya untuk terus berprestasi.
Sementara itu, Pembina Smanesi Islamic Festival ke-IV, Zainal Fanani, S.Pd, menambahkan, adanya festival rutin dari SMAN 1 Singosari nantinya bisa menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan semangat syiar islam pada diri generasi muda. Kemudian juga menangkal dan membentengi siswa didik dari kegiatan negatif yang berdampak buruk pada masa depannya.
“Nantinya, kegiatan ini bisa dikembangkan di luar malang raya supaya tujuan syiar agama islam lebih bisa menjangkau masyarakat umum terutama umat islam itu sendiri,” ujar Zainal.
Empat lomba pada Smanesi Islamic Festival ke-IV masing-masing memiliki kriteria, misalkan saja Qiroah dinilai dari ketepatan tajwidnya, pengaturan nafas, lagu suara, dan fasholah. Sedangkan Kaligrafi yang menjadi penilaian diantaranya keindahan, kreativitas, dan kebenaran tulisan ayat.
“Untuk lomba Khitobah kami menilainya dari kelancaran dalam menyampaikan, gaya dan tata bahasa, cara menyampaikan, kerapian dan kesopanan, bobot materi, serta nada. Kemudian lomba Banjari sendiri penilaiannya berdasarkan penampilan dari masing-masing regu, vokal, dan instrument,” imbuhnya.
Setelah masing-masing sekolah berjuang menampilkan yang terbaik, didapatkan beberapa juara diantaranya juara 1 Albanjari diraih oleh kelompok Ar-Ridho dari MTsN 3 Malang, juara 1 lomba Khitobah diraih oleh Naufal Nuzulul dari SMP Modern Ar-Rifa’ie, Qiro’ah diraih M Zaky Ar-Rosyidi dari MTsN 3 Malang, dan lomba Kaligrafi daraih Ana Imroatus Sholihah dari MTsN 3 Malang. Juara umum Smanesi Islamic Festival ke-IV berhasil diraih oleh MTsN 3 Malang dengan perolehan tiga juara satu dan dua juara dua. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :