Ajak Siswa Unjuk Talenta, Digelar Meriah dan Penuh Makna


PERINGATAN Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1439 H di SDN Kauman 1, Senin (16/4), berlangsung meriah.  Kegiatan yang dipadukan dengan agenda Puncak Tema Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) ini  dimeriahkan dengan pentas seni siswa. Selain mendapat pencerahan batin dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan,  siswa-siswi SDN Kauman 1 juga unjuk bakat dan talenta mereka melalui pentas seni.
Kepala SDN Kauman 1 Dra Anita Rosemaria, M.Pd  mengatakan, peringatan Isra Miraj tahun ini sengaja digabung dengan puncak tema,  agar ada keseimbangan antara pendidikan keislaman dengan pembinaan kreativitas.  "Tapi yang diutamakan tetap pada nilai keagamaannya,  karena momentumnya saat ini adalah keislaman," ujarnya.
Anita berharap melalui peringatan Isra Miraj,  keluarga besar SDN Kauman 1 utamanya para siswa dapat meneladani Nabi Muhammad.  Terutama sifat-sifat nabi seperti kesabaran,  ketekunan dan kedisiplinan.
“Memang kita tidak akan sama persis seperti beliau, tapi usaha meniru sikap dan sifat agung beliau merupakan kemuliaan," kata dia.
“Menjadi sabar seperti Nabi itu tidak mudah, apalagi untuk anak-anak.  Mengikuti acara selama dua jam dengan duduk tertib itu saja butuh kesabaran. Disinilah maka salah satu nilai karakter yang kami tanamkan pada anak-anak," sambungnya.
Kegiatan Isra Miraj dimulai pukul 07.00 WIB. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh siswa SDN Kauman 1 Rachel Najwa kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah. Selanjutnya ada penampilan dai cilik, oleh Raihan Putra Basofi peraih juara 3 Dacil Tingkat Kecamatan dari SDN Kauman 1.
Tepat pukul 08.30 WIB, acara tausiyah sebagai inti dari kegiatan dimulai. Materi tausiyah disampaikan oleh Ustad Ahmad Sulhan. Seluruh guru dan siswa menyimak dengan seksama sehingga acara berjalan dengan khidmat.
Usai sesi mauidoh hasanah,  siswa tampil berekspresi di panggung dengan beragam kreativitas.  Setiap kelas wajib menampilkan karya seni,  sebagai bentuk apresiasi pada siswa.  Kelas 1 dan 2 menyanyi bersama dengan lagu islami, kelas 3 menampilkan tarian islami, kelas 4 konser pianika, kelas 5 tarian maulaya dan kelas 6 menyanyi tunggal.  
Sesi pentas seni ini merupakan bagian dari pengembangan pendidikan karakter. Untuk program PPK sendiri,  di SDN Kauman 1 dilakukan setiap bulan yaitu  minggu kedua.  Tema yang diangkat salah satunya adalah kewirausahaan.  Dari tema ini,  siswa mengembangkan kemampuan wirausahanya dengan aksi jual beli produk yang dihasilkan dari karya mereka sendiri. 
Anita menuturkan, sebagai sekolah rujukan SDN Kauman 1 harus mampu mengembangkan segala aspek pendidikan.  Baik bidang akademik,  kreativitas,  keagamaan,  lingkungan dan sarana yang lain.
"Dan kami mampu mencapai kemajuan itu, meskipun kami sekolah negeri dengan SPP gratis untuk siswa," tuturnya.
Di akhir acara kegiatan Isra Miraj, diberikan penghargaan kepada kelas berprestasi pemenang lomba kebersihan kelas. Waka kesiswaan SDN Kauman 1 Ika Rahmawati, S.Pd mengatakan,  secara teknis lomba tersebut melibatkan peran wali siswa. Sebab menurutnya,  penilaian lomba tidak sekadar pada aspek kebersihan saja. Tapi juga meliputi kelengkapan administrasi dan sebagainya.  "Oleh karena itu butuh peran serta orang tua.  Meskipun sebenarnya,  semua program kegiatan di sekolah ini,  selalu didukung dan ada partisipasi orang tua," terangnya. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...