Terbatas! Kuota Pendaftar Ujian Komputer SBMPTN

 
MALANG – Pada ketentuan pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibatasi dengan kuota komputer yang tersedia. Sementara, untuk komputer yang disiapkan untuk pelaksanaan UTBK total sebanyak 1.690 yang terbagi dari 745 unit di UB, 825 unit di UM, dan 120 unit di UIN Maliki. “Pendaftar UTBK ini kami batasi sesuai jumlah komputer yang tersedia, karena itu diimbau peserta segera mendaftarkan diri,” ujar Wakil Rektor 1 UB, Prof Kusmantoro kepada Malang Post. 
Data per 18 April lalu, sebanyak 414 orang sudah mendaftar di jalur UTBK. Artinya, masih ada peluang hingga pendaftaran ditutup 8 Mei mendatang. 
Dia melanjutkan, untuk persiapan teknis, tim di UB juga terus melakukan rapat pembahasan untuk mempersiapkan pelaksanaan SBMPTN dengan optimal. Meski begitu, Wakil Rektor 1 UB, Prof Kusmantoro menegaskan, UB siap melayani pendaftar di bidang Soshum dengan maksimal.
“Persiapan teknis sudah sangat siap untuk melayani pendaftar bidang Soshum. Sementara untuk lokasi SBMPTN ditempatkan di semua fakultas di kampus 1 UB. Sedangkan, yang di luar meliputi Widyagama, STIE, dan BSS,” imbuhnya.
Tak hanya persiapan berupa sarana komputer yang memadai untuk peserta UTBK, namun juga penanganan pencegahan virus yang kemungkinan dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan. Seperti panlok 55 Malang yakni UM yang menyiapkan proteksi berlapis.
“TIK kami sudah siap, proteksinya berlapis untuk melindungi data terutama soal,” ujar penanggungjawab UTBK UM, Dr Agus Hermawan, GradDipMgt MSi Mbus yang dihubungi Malang Post.
Dia melanjutkan, perangkat komputer sejauh ini sudah disiapkan matang, bahkan disambungkan dengan jaringan Pusat. Lalu diujicoba secara terus-menerus sebelum pelaksanaan SBMPTN pada 8 Mei mendatang. Dia hanya menegaskan, agar peserta menyiapkan mental dan fisik agar pelaksanaan SBMPTN lancar. 
“Sudah disiapkan dan diuji coba terus secara lokal maupun jaringan dengan sistem komputer pusat Jakarta. Semoga tidak ada masalah. Bagi siswa, siapkan mental dan fisik serta jangan lupa belajar,” pesannya.
Sementara itu, pendaftar jalur Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) saintek UM 3.793, soshum UB 4.693, campuran (UIN Maliki) 992 dan total 9.478, sedangkan UTBK sebanyak 414 pendaftar,” ujar Wakil Rektor 1 UB, Prof Kusmantoro, yang dihubungi Malang Post. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :