Padukan Keagamaan dan Kurikulum Cambridge


 
MALANG - Masyarakat Kota Malang makin dimanjakan dengan hadirnya sekolah-sekolah swasta berkualitas. Dengan menghadirkan pembelajaran edukatif dan bertaraf internasional, KBTK/SDI Al-Azhar 56 Malang menjadi salah satu pilihan.  Sesuai dengan standar pendidikan YPI Al-Azhar, sekolah juga menggunakan perpaduan kurikulum 2013, kurikulum pembelajaran keagamaan yang disusun Al-Azhar sendiri serta kurikulum Cambridge. 
Kepala Sekolah KBTK/SDI Al-Azhar 56 Malang Ramlih S.Ag., mengaku tidak mudah memadukan kurikulum tersebut. Namun, sekolah telah menerapkan pembelajaran dengan sedemikian rupa sehingga materi pelajaran dapat diserap maksimal oleh siswa. 
“Kurikulum Cambridge mendorong anak-anak berwawasan global, tidak hanya level nasional tapi juga internasional,” bebernya.
Cambridge saat ini dimulai dengan tiga pelajaran, yaitu math, science, dan english. Lebih jauh, Ramlih juga menjelaskan, diterapkannya kurikulum Cambridge ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para siswanya sesuai dengan standar internasional. Untuk memenuhi tujuan tersebut, para pendidik di KBTK/SD Al-Azhar 56 tentu juga diwajibkan untuk mempunyai kompetensi yang sesuai standar internasional. 
Selain itu, pembelajaran di KBTK/SDI Al-Azhar 56 pun dikemas secara menyenangkan. Biasanya memakai media pembelajaran yang bernuansa islami agar tetap tidak melupakan prinsip beragama atau berkeyakinan.
Dimulai dari salam saat memasuki kelas, kemudian berdoa, belajar sampai meninggalkan kelas harus tetap menggunakan prinsip islam. 
“Alhamdulillah semua berjalan, anak anak merasa nyaman di sekolah. Bahkan yang banyak tidak mau pulang meski jam sekolah berakhir,” ungkapnya.
Dengan kurikulum yang diterapkan tersebut, KBTK/SDI Al-Azhar 56 Malang memproyeksikan para lulusannya agar sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman. Oleh karenanya, sekolah ini pun mengusung tagline ‘Where millenials reach out the future’ yang berarti ‘Dimana generasi milenial meraih masa depan’. (yan/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...