Pelajar se Jatim Rakit robot di Poltekom


MALANG - Politeknik Kota Malang (Poltekom) bersama Kemenristek Dikti dan PPPPTK BOE mengadakan Lomba Robotika, Jumat (20/4). Sebanyak 68 peserta dari berbagai SMA dan SMK di Jawa Timur saling beradu menunjukkan perform terbaiknya di tiga ketegori lomba, yaitu Smart Line Followers, Assembly Robot DIY, dan Mazescapebot.
Juri kategori lomba Assembly Robot DIY Aditya Kurniawan, S.ST.,PGDip.Eng, mengatakan, pada ketegori ini peserta harus merakit robot dalam waktu 90 menit dengan tepat dan benar.
“Prosesnya semua harus benar seperti ketepatan menggunakan solder, memotong kabel dengan tang sudah baik atau belum begitupun dengan mengupas kabelnya, karena tiap pekerjaan ada toolsnya masing-masing dan harus benar,” ujar Aditya.
Bahkan penilaian berdasarkan prosesnya juga diperhatikan dari tingkat keamanannya, apabila peserta salah meletakkan solder saja akan mengurangi nilai yang diberikan juri. Kemudian siswa diharuskan teliti agar tidak ada satu tools pun yang hilang atau tidak terpasang.
“Sedangkan penilaian dari hasil dilihat dari apakah semua tools sudah terpasang atau belum, kerapian pengerjaan juga dinilai, kemudian juri akan mengecek robot tersebut bisa bergerak sesuai ketentuan, misalkan ketika robot tersebut harusnya mundur-maju-putar kiri, karena pemasangan tools terbalik maka gerakan robot juga tidak akan sesuai,” papar Aditya.
Sementara itu, Direktur Poltekom, Dr. Isnandar, MT, memaparkan, alasan khusus digelarnya lomba robot di Poltekom yakni salah satunya karena memiliki mekatronika yang kuat di bidang robotik dan otomasi.
Dalam perlombaan ini, akan dipilih enam terbaik pada setiap kategori yang akan lanjut pada babak final, Minggu (22/4) mendatang. Peserta lolos kategori Assembly Robot DIY diantaranya SMKN 8 Malang, MAN 2 Probolinggo, SMK PGRI 3 Malang. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...