Belajar Bahasa Inggris Makin Rileks dan Enjoy


MALANG – Tak seperti biasa, siswa SMK Putra Indonesia Malang (PIM) kelas XI tampil dengan beragam kostum daerah dalam bazar culture (13/4/18). Mereka juga mendekor ruang kelas sesuai dengan tema yang diperoleh dan semarak dengan musik tradisional yang ditampilkan. Kegiatan speaking tes ini menjadi lebih enjoy dinikmati siswa.
“Lebih seru dan menyenangkan karena dapat berkomunikasi dengan bule, biasanya cuma sama teman. Tak hanya itu, kita juga dapat menikmati aneka makanan dan musik tradisional,” ujar Rosi Marcelia Yuliza, siswa kelas XI E, yang ditemui Malang Post.
Sama halnya dengan Rosi, Agung Budi Prasetyo juga mengaku terkesan dengan speaking test tahun ini, sebab lebih santai dan mengenal budaya. Dia mengaku praktik langsung dengan bule lebih efektif dalam mengasah kemampuan berbicara, “Speaking masih kurang, jadi ini sarana latihan. Selain itu, kita juga mengenal lebih dalam budaya dengan dekorasi yang kita tampilkan,” ujar Agung yang kelasnya mendapat bagian tema daerah Jogja.
Sudah dua tahun ini, speaking test yang dilaksanakan di SMK PIM dikemas berbeda. UPT Pembelajaran Komputer dan Bahasa, Dewi Sulistyaningsih membeberkan pelaksanaan speaking test yang merupakan program rutin tahunan dirancang berbeda dalam bazar budaya. Setiap kelas akan mendapat tema, setidaknya ada lima tema daerah yang didapatkan pada masing-masing kelas yakni Jawa Timur, Jogja, Bali, Sunda dan Kalimantan.
“Awalnya speaking test yang terkesan seram karena siswa masuk kelas langsung mempresentasikan materi di hadapan pengajar. Maka agar lebih rileks, kami kemas dengan English learning with native speaker, ditambahkan dengan konsep bazaar culture,” ungkapnya.
Dewi menjelaskan, pembelajaran bersama fasilitator akan memunculkan interaksi dialog antara siswa dan native speaker. Siswa akan memaparkan tema budaya dari daerah yang mereka dapatkan di hadapan native speaker dengan obrolan santai, namun tetap ada penilaian untuk masing-masing individu. Mereka bebas mengeksplore dalam satu kelas. Mereka akan melakukan show tarian dengan music daerah hingga memasak.
“Diharapkan mereka akan lebih rileks dan enjoy, sehingga akan meningkatkan keberanian komunikasi yang baik. Selama ini siswa sebenarnya memiliki kemampuan speaking yang baik tapi cenderung pasif, nantinya semoga mereka dapat lebih aktif lagi,” imbuhnya.
SMK Putra Indonesia Malang Program Keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri membuka pendaftaran gelomban I pada 1 Februari- 6 Mei 2018 dan gelombang II 8 Mei-30 Juni 2018. Informasi lebih lanjut kunjungi website putraindonesiamalang.or.id. Dapatkan formulir pendaftaran gratis dengan membawa potongan berita ini. (mg3/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :