Siswa Berlomba, Orang Tua Ramaikan Bazar


MALANG – Halaman depan SD Islam Sabilillah terasa semarak, Sabtu, (21/4/18). Seluruh siswa terlihat antusias menyemarakkan peringatan Hari Kartini di sekolah dengan memberikan penampilan terbaiknya, Sabtu (21/4). Tak hanya siswa, para orang tua yang tergabung dalam Majelis Orang tua Siswa (MOS) SDIS juga terlihat hadir.
Ketua Pelaksana Kartini’s Day, Badi’atus Sholihah, S.Pd, menyampaikan, Kartini adalah salah satu pahlawan Indonesia yang sangat bersemangat dalam bidang pendidikan, tidak hanya dari segi perilaku yang ditunjukkan namun semangat itulah yang bisa dijadikan panutan siswa untuk mengukir prestasi dan meningkatkan kreativitas. Melalui kegiatan ini pula sekolah ingin para peserta didik memiliki rasa cinta terhadap bangsa Indonesia yang termasuk salah satu dari delapan karakter cinta.
“Selain itu apa yang telah dilakukan oleh Kartini bisa diteruskan oleh siswa dengan lebih semangat lagi dalam menggapai cita-cita seperti tujuan yang kami yakni dengan semangat kartini kita wujudkan cita-cita anak bangsa,” ujar Badi’, sapaan akrab Badi’atus Sholihah.
Menurutnya, acara tahun ini digelar lebih meriah dengan adanya keterlibatan langsung dari orang tua terutama MOS yang ikut serta menyediakan bazar makanan tradisional daerah. Bahkan saat pembukaan mereka turut menyanyikan lagu kartini secara khidmat.
“Antusias memperingati hari kartini tidak hanya dirasakan oleh siswa saja tetapi juga para orang tua yang sangat mendukung putra-putrinya dengan memfasilitasi anak memakai pakaian adat dan merias, meskipun kami tidak mewajibkan,” papar Badi’.
Peringatan hari kartini di SD Sabilillah Malang semakin meriah dengan adanya beberapa lomba yang digelar. Seperti lomba menyanyikan lagu daerah nusantara disertai tarian dari masing-masing mulai kelas satu sampai lima. Bahkan di hari sebelumnya, ada lomba menceritakan sosok Kartini dalam bentuk dongeng yang diikuti khusus siswa  laki-laki (kelas 1 – 5).
Kemudian lomba selanjutnya yakni lomba kreasi gambar kartini yang diikuti oleh siswa kelas satu sampai 5. Peserta diberikan gambar Kartini polos, kemudian mereka diminta untuk menghiasnya sesuai kreativitas dan imajinasi masing-masing anak. Sedangkan siswa kelas 4 dan 5 lomba lomba puisi tema Kartini.
Sementara itu, siswi kelas 5D, Najya Laila Rafa Yusvia, mengatakan, semangat Kartini harus selalu ada pada semua siswa khususnya bagi perempuan. Dengan begitu generasi muda bisa lebih berjuang untuk kemajuan Indonesia.
“Untuk meneruskan perjuangan Kartini, saya sebagai siswa harus semakin giat belajar, memperbanyak ilmu, dan berprestasi,” pungkas siswi yang memakai baju tradisional kebaya ini. (mg7/oci)

Berita Lainnya :