Lebih Baik Jadi Driver Ketimbang Penumpang


MALANG - Founder JTV (Jawa Pos Group) Imawan Mashuri SH, MH membuka cakrawala baru berpikir tentang ekononomi. Yakni menjadi entrepreneur dengan memiliki pemahaman yang kuat pada pertumbuhan perekonomian.
Imawan menegaskan hal itu saat menjadi pembicara seminar nasional bertajuk ‘Meneropong Kekuatan Ekonomi Indonesia: Peran Fintech dalam Pembangunan Perekonomian Bangsa’, Minggu (22/4) kemarin. Seminar tersebut digelar oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB).
“Jadilah seorang dengan mental driver, bukan mental mental passenger. Karena dengan mental driver seseorang akan menjadi penggagas dan penggerak, bukan sebagai peserta saja,” kata Imawan dalam pemaparannya.
Pesan ini bukan tanpa makna. Ia mengacu pada hebohnya polemik Indonesia hilang pada tahun 2030. Dalam paparannya, Imawan menunjukkan novel berjudul Ghost Fleet. Salah satu kisah dalam novel yang di tulis PW Singer dan August Cole itu menyebutkan Indonesia akan hilang pada tahun 2030.
”Ini memang novel, cerita fiksi di dalamnya.Tapi salah satu penulisnya bukan orang biasa, dia adalah analis intelegent yang memiliki kemampuan analisis sangat kuat,’’ katanya. Dari cerita itulah lanjut dia, dibutuhkan kesiapan masyarakat Indonesia.
”Nah kalau hanya jadi penumpang saja, menjadi peserta saja, negeri ini akan betul-betul tenggelam. Itu sebabnya, dibutuhkan mental driver, dimana masyarakat harus memiliki jiwa  
entrepreneur, menjadi penggagas dan penggerak, yang memiliki kreativitas dan selalu berinovasi, agar pertumbuhan ekonomi di negara ini betul-betul maju,’’ ungkap Komisaris Malang Post ini.

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...