Soal UNBK SMP Diramu ala SMA


MALANG - 54.030 siswa dari ratusan SMP dan MTs di Malang Raya yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4) hingga Kamis (26/4) nanti dipastikan bakal  berpikir keras. Sebab soal ujian dibuat menggunakan metode Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sistem ini sebelumnya digunakan untuk membuat soal UNBK SMA beberapa waktu lalu yang mengundang keluhan siswa.
Pembuatan soal UNBK menggunakan sistem HOTS dipastikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP. "Masih tetap ada bagian soal HOTS tapi levelnya tingkat SMP. Soal-soal tersebut akan berlaku pada pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa (Bahasa Indonesia)," kata Muhadjir usai membuka Semarak Hardiknas di P4TK BOE-VEDC, Jalan Teluk Mandar Kota Malang, kemarin.
Soal ujian yang diramu dengan HOTS untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Karena menurut Muhadjir, sudah saatnya generasi Indonesia meniru sistem pembelajaran di luar negeri.
Untuk diketahui, soal UNBK yang menggunakan metode HOTS mengutamakan pertanyaan yang memiliki daya analisa argumen, mempertimbangkan pemikiran dan mendefinisikan konsep. Selain itu mendeskripsikan, menentukan dan membandingkan kesimpulan, serta penilaian.
Lebih lanjut Muhadjir mengatakan, selama ini, pembelajaran di Indonesia masih menerapkan sistem lower order thinking skill dan medium order thinking skill. Sehingga pada evaluasi UNBK tingkat SMA, banyak ditemui protes karena sulitnya soal. "Hingga ada yang memprotes soal UNBK SMA sama dengan mahasiswa semester tiga. Ya seharusnya, mahasiswanya yang dievaluasi kenapa kemampuannya masih mirip dengan SMA?," kata mantan rektor UMM ini.

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...