Sesi Terakhir Sesuai Jadwal


MALANG - Gangguang dalam UNBK kemarin dirasakan di hampir semua daerah di Indonesia. sebab memang server pusat yang berstatus offline alias down selama 30 hingga 45 menit. Gangguan ini mengakibatkan sesi pertama dan kedua mengalami keterlambatan, namun pada sesi terakhir semua bisa berjalan sesuai jadwal.
Waka SMPN 6 Malang, Heny Farida S.Pd, mengatakan, gangguan hanya dialami oleh peserta UNBK sesi pertama, tetapi karena sesi pertama mundur membuat sesi kedua pun demikian.
“Selain gangguan server offline itu tidak ada kendala lainnya, bahkan keluhan dari siswa juga tidak ada. Kami juga mengimbau kepada semua siswa kelas IX untuk datang satu jam lebih awal sebelum pelaksanaan UNBK,” ujar Heny.
Peraturan tersebut dilakukan sekolah untuk mengantisipasi siswa agar tidak terlambat. Selain itu, juga untuk mengabsen peserta, pihak sekolah akan menghubungi siswa yang belum hadir jika ada yang terlambat datang. Sebelum pelaksanaan UNBK siswa diajak shalat dhuha dan istigotsah bersama, agar saat mengerjakan soal mendapatkan ketenangan batin.
SMPN 6 Malang menyediakan perangkat sekitar 130 unit yang terbagi menjadi empat ruang, tiga ruang menggunakan komputer dan satu ruang menggunakan laptop. Untuk mengantisipasi listrik mati, sekolah menggunakan genset selama pelaksanaan UNBK berlangsung.
Kekhawatiran lantaran server offline sementara juga dirasakan oleh siswi SMPN 6 Malang, Mutiara Syaikha. Menurutnya, masalah ini sempat membuatnya bingung namun segera tenang karena yang mengalami tidak hanya dia melainkan satu kelas.
“Tadi kelas saya mengalami keterlambatan mengerjakan soal sekitar kurang lebih 30 menit. Kebetulan proktornya juga lama sehingga kelas lain sudah mengerjakan, kelas kami belum. Setelah bisa log in, komputer yang kami gunakan juga sering log out sendiri,” ujar Mutiara.
Sebanyak dua kali komputer log out sendiri secara tiba-tiba tanpa dietahui penyebabnya. Namun kejadian ini tidak membuat siswa panik karena pihak proktor dengan sigap merestart komputer, baru kemudian pengerjakan soal UNBK hari pertama berjalan lancar hingga akhir.
“Hari pertama UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia ini berjalan lancar hanya ada kendala itu saja, kalau dari soal tidak ada masalah sama sekali. Bahkan soal-soal yang diujikan tadi cenderung lebih mudah dibandingkan kisi-kisi soal yang telah kami pelajari,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Helpdesk Kota Malang, Nurul Firdaus mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan lancar. “Gangguan keterlambatan ini sifatnya nasional, tidak hanya di Kota Malang saja. Sehingga mengakibatkan sesi pertama molor begitupun pada UNBK sesi kedua,” ujar Nurul.
Menurutnya, memang gangguan sempat membuat panik, namun ia selaku ketua Helpdesk Kota Malang sudah menginfokan kepada para proktor dan teknisi di setiap sekolah untuk menunggu hingga server pusat aktif kembali. “Tadi pagi memang server pusat masih maintenance. Molornya hanya di sesi pertama dan kedua, sedangkan sesi ketiga sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” imbuhnya. (mg3/mg7/han)

Berita Lainnya :

loading...