Animasi SMKN 4 Juara di Asia Tenggara


MALANG – Jurusan Animasi SMKN 4 Malang semakin menunjukkan keahliannya, bahkan kemampuan siswa Animasi mampu dibuktikan dengan berhasil menjadi juara 1 pada workshop SEA Creative Cam yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada ajang ini, tiga siswa bernama Toby Nugroho Wibisono, Salsabila Aulia Rahma, dan Khadijah berhasil masuk 10 besar yang pada akhirnya menjadi juara 1 pada babak final.
Film animasi yang dibuat oleh tiga siswa SMKN 4 Malang tersebut menceritakan mengenai sosok Dayu dan Ong yang dengan berani menahan serangan dari Datu (Ratu Jahat) saat akan menyerang pamannya, Uwa Bardah, seorang pendeta desa Girah.
“Pada mulanya Desa Girah adalah sebuah desa dimana orang-orang hidup dalam damai dan harmonis, hingga suatu ketika datang musibah penyakit kulit misterius, sawah gagal panen, dan rumah-rumah terbakar tanpa sengaja oleh penduduk desa,” cerita Toby.
Kemudian langit berubah gelap membuat penduduk desa berlarian dengan panik. Uwa bardah mencoba membantu menyembuhkan orang sakit dan membaca mantra untuk membuat kondisi menjadi lebih baik. Namun kemudian datanglah Datu dengan aura mistisnya melepaskan roh jahat untuk menghancurkan desa.
“Melihat Uwa Bardah yang ingin menyelamatkan penduduk desa, Datu lantas tidak suka dan berbalik menyerang Bardah dengan sangat kuat hingga menyebabkan luka parah, datanglah Dayu dan Ong menahan serangan Datu penuh rasa berani. Itulah cerita singkat pada bagian pertama yang kami ikutkan pada SEA Creative Cam,” terang Toby.
Sementara itu, Kepala Bidang Seni SMKN 4 Malang, Siti Cholifah, mengatakan, untuk ikut pada ajang SEA Creative Cam khususnya waktu submit online ketiga siswa tersebut harus membagi waktu lantaran bertepatan dengan UNBK SMK saat itu. Terlebih untuk membuat film animasi dibutuhkan waktu panjang namun mereka hanya memiliki sekitar tiga minggu untuk membuatnya.
“Hanya tiga minggu saja kami diberi waktu mulai dari pra produksi seperti membuat karakter dan sebagainya, kemudian proses produksi, dan pra produksi. Waktunya singkat banget, disisi lain anak-anak menjelang UNBK, saat submitnya mereka UNBK, itu tantangan kami ketika mengikuti ajang ini,” ujar Ifa, sapaan akrab Siti Cholifah.
SEA Creative Cam ini merupakan workshop online yang didalamnya ada banyak bidang lomba, termasuk animasi yang diikuti oleh SMKN 4 Malang. Mereka ikut animasi 2D dengan 53 peserta dari Indonesia dan Thailand. Lantaran ketiga siswa tersebut berhasil juara 1, mereka berkesempatan memamerkan hasil karya 2Dnya pada saat pelaksanan SEA Creative Cam dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Mataram. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :